Home / Berita / ​Bupati Purbalingga Hadiri Ruwat Bumi Desa Cilapar

​Bupati Purbalingga Hadiri Ruwat Bumi Desa Cilapar

Bupati Purbalingga, H.Tasdi,SH,MM pagi tadi, Senin 16 Oktober 2017 menghadiri acara ruwat bumi di Desa Cilapar Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.

ruwat bumi cilapar 2

Dalam sambutanya, Bupati Purbalingga menyampaikan “Ruwat bumi memiliki 3 tujuan. Yang pertama tujuan spiritual, ruwat bumi merupakan salah satu ungkapan rasa syukur kepada Gusti Allah.  Yang kedua tujuan sosial, dengan ruwat bumi menguatkan peseduluran, rukun, kompak, membangun kultur gotong royong. Tujuan yang ketiga menjaga hubungan dengan alam karena ruwat bumi mempunyai arti ngrumat bumi (memelihara bumi)”.
Acara ruwat bumi diawali dengan kirab gunungan hasil bumi yang terdiri dari 1 gunungan padi dan 3 gunungan berisi palawija dan sayur mayur.

ruwat bumi cilapar

Selanjutnya gunungan hasil bumi dan aneka jajan pasar yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Desa Cilapar, dibagikan kepada seluruh warga yang hadir.
Sebelumnya juga dilakukan pembagian 114 paket beras Purbalingga (Rasbangga) oleh Bupati Purbalingga kepada warga kurang mampu.

cilapar rasbangga
Melihat kondisi   jalan Utama Desa Cilapar yang saat ini dalam kondisi rusak, dalam sambutanya Bupati menyampaikan akan memperbaiki jalan Desa Cilapar pada tahun 2018, selain itu Bupati juga menjanjikan Bantuan Keuangan Khusus untuk Desa Cilapar sebesar 100juta rupiah.
Rangkaian acara Ruwat Bumi di Desa Cilapar nanti malam akan ditutup dengan pagelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Kukuh Bayu Aji dan Ki Bima Setya Aji. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Ramadhan Karangtaruna Adhigana Penolih Sukses Selenggarakan 5 Kegiatan Besar

Selama bulan Ramadhan 1439H Karangtaruna Adhigana Perwira Desa Penolih Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *