Home / Kaligondang / ​Selakambang-Kaligondang : Gula Kristal “Legen Tirta”  Tanpa Bahan Kimia,  Manisnya Nyata.

​Selakambang-Kaligondang : Gula Kristal “Legen Tirta”  Tanpa Bahan Kimia,  Manisnya Nyata.

Selakambang-Kaligondang.  Gula merah serbuk atau ada yang menyebut gula kristal atau brown sugar produksi perajin gula asal  Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah ini dibuat tanpa campuran obat kimia.

Meski demikian, rasa manisnya nandes dan terasa nyata, karena dibuat dari nira kelapa pilihan dengan kualitas bagus.

gula serbuk legen tirta selakambang2

Dituturkan oleh Suroso, ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Legen Tirta Desa Selakambang, gula kristal legen tirta dibuat dari nira yang bersih dan tidak menggunakan sulfit sehingga awet kering dan tidak mudah lengket.
Sedikitnya ada 25 perajin gula kristal yang tersebat di Rw. 04 Desa Selakambang yang tergabung dalam Gapoktan Legen Tirta.

gula serbuk legen tirta selakambang1

Keterangan foto : Bapak Suroso sebelah kanan, berfoto bersama Pendamping Desa Kecamatan Kaligondang

Suroso mengaku, sejak dirinya memproduksi gula kristal dari tahun 2014 hingga saat ini, sudah ada peningkatan dari segi ekonomi. “Dulu saya membuat gula cetak dijual harganya lebih murah. Dengan membuat gula kristal penghasilan saya meningkat karena gula kristal harganya lebih mahal”, kata Suroso.

Sebagai perbandingan untuk saat ini harga gula cetak perkilonya 8ribu rupiah sedangkan gula kristal untuk harga eceran perkilonya 20ribu rupiah.

gula serbuk legen tirta selakambang

Selain di wilayah Rw. 04, sejak bulan September 2016 tahun lalu perajin gula kristal di Desa Selakambang mulai bertambah dan merambah di wilayah Rw. 03.

Bagi anda yang membutuhkan dan berminat untuk membeli gula kristal Legen Tirta  dapat menghubungi Ketua Gapoktan Legen Tirta, Bapak Suroso yang beralamat di Rw. 08 Desa Selakambang atau melalui nomor WA : 0857 43878724.

(*Ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Meriahkan HUT RI ke 73 Pemdes Penolih Ikuti Karnaval Tingkat Kabupaten

Memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 73, Pemerintah Desa Penolih Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *