Home / Kuliner / 10 Tips Membuka Usaha Resto

10 Tips Membuka Usaha Resto

Tulisan ini dibuat khusus untuk saudara sekaligus teman yang sebentar lagi akan mengelola usaha rumah makan.

Salah satu jenis usaha yang pasti dan selalu ada konsumenya yaitu rumah makan. Apalagi saat ini dimana mayoritas anggota keluarga sibuk dengan aktifitas diluar rumah baik di kantor maupun sekolah maka konsumsi untuk makan diluar / di rumah makanpun semakin tinggi. Belum lagi ditunjang dengan trend wisata kuliner dan intensitas update status melalui sosial media. Tak salah jika bisnis kuliner / usaha resto menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Keterangan lokasi foto : Kedai Om Joel Bancar Kembar Purwokerto

Berikut ini tips untuk membuka usaha resto agar diminati banyak pengunjung :

  1. Cita rasa masakan menjadi faktor utama dalam bisnis makanan. Tentunya rasa “enak” menurut pembeli bukan menurut pemilik resto. Untuk itu perlu sekali sekali tanyakan rasa makanan yang disajikan kepada pembeli.
  2. Tentukan konsep tempat. Saat ini orang datang ke rumah makan bukan hanya sekedar untuk memenuhi rasa lapar tetapi saat ini kuliner sudah menjadi gaya hidup / lifestyle untuk itu tempat yang bagus menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi kaum muda.
  3. Tempat makan dan ruangan selalu bersih dan rapi.
  4. Pelayanan yang baik, komunikatif dan cepat akan membuat konsumen tertarik untuk datang kembali. Upayakan ada pelayan di depan yang bertugas untuk menyambut tamu yang datang dengan senyum dan sapa.
  5. Lokasi yang strategis serta berada ditepi jalan raya menjadi point plus tersendiri. Dukung dengan baliho yang mencolok bila perlu lengkapi dengan lampu agar mudah terbaca di malam hari.
  6. Untuk membuka dan mengenalkan resto kepada pelanggan baru, promosikan menu yang ada ke sekolah-sekolah dan kantor terdekat. Bila perlu adakan kerjasama untuk pelayanan jamuan rapat.
  7. Buat fan page khusus, dan rutin upload gambar /foto. Jadikan sosial media sebagai salah satu media promosi yang murah dan mudah diakses oleh masyarakat.
  8. Sekali sekali adakan event / jadikan resto sebagai tempat untuk penyelenggaraan kegiatan seperti nonton bareng.
  9. Kerjasama dengan ojek online yg memfasiltasi pelayanan pesan antar
  10. Buat menu khusus yang menjadi ciri khas. Seperti misalnya karena warung makan “klawing” maka menu yang menjadi ciri khas berupa aneka makanan / iwak klawing.

Selamat berwira usaha semoga kesuksesan selalu menyertai. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Segarnya Susu Sapi Boyolali

Kabupaten Boyolali identik dengan kota susu, hal ini disebabkan karena banyak penduduk Boyolali yang memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *