Home / Kaligondang / Agroforestry Desa Sidareja

Agroforestry Desa Sidareja

Sidareja-Kaligondang.  Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah sebagai salah satu lokasi kegiatan Agroforestry dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung ( BP DAS dan HL) Serayu Opak Progo, Direktorat Jenderal Pengelolaan DAS dan HL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

menuju lokasi agroforestry sidareja

Keterangan foto : Jalan menuju lokasi Agroforestry di Dukuh Mlayang Desa Sidareja

Agroforestry atau Wanatani merupakan suatu bentuk kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan menggunakan optimalisasi pemanfaatan lahan dengan sistem kombinasi tanaman berkayu, buah-buahan, ternak atau tanaman semusin. Berbeda dengan perkebunan besar  yang dikelola oleh perusahaan yang hanya untuk menghasilkan satu komoditas saja.

Agroforestry di Desa Sidareja sebagai konservasi lahan hutan sosial memadukan antara tanaman kayu-kayuan dan tanaman semusim yang bernilai ekonomi tinggi dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

lokasi agroferestry sidareja

Keterangan Foto : Lokasi Kegiatan Agroforestry di blok 8 Dusun pecatutan dan Dusun Mlayang Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah

Disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sidareja yang juga pernah mendapat penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono sebagai penyuluh kehutanan terbaik tingkat Nasional tahun 2011, Juwondo, Kegiatan Agroforestry dari BP DAS dan HL Serayu Opak di Desa Sidareja berupa pemberian bibit tanaman, pupuk kandang dan bantuan hewan ternak.

agroforestry sidareja bantuan bibit tanaman

Bantuan bibit tanaman yang diterima berupa bibit alba sebanyak 2.625, bibit pohon buah manggis sebanyak 2.500, bibit pohon buah alpukat sebanyak 1.875, bibit pohon jati sebanyak 1.125 dan bibit pohon jengkol sebanyak 1.875.

agroforestry sidareja bantuan 13 ekor kambing

Sedangkan bantuan hewan ternak yang diberikan berupa bantuan 13 ekor kambing yang digulirkan kepada petani. Selain bantuan bibit tanaman  dan hewan ternak juga diberikan bantuan  pupuk kandang.

agroforestry sidareja bantuan pupuk kandang

Keterangan foto : Salah Satu Bentuk Bantuan Kegiatan Agroforestry Berupa Pupuk kandang

Bantuan bibit ini diberikan kepada para petani di di Desa Sidareja pada tanggal 22 Oktober lalu.

“Saat ini bibit tersebut sudah ditanam di blok 8 Dusun pecatutan dan Dusun Mlayang”, ungkap Juwondo. (ibar*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Meriahkan HUT RI ke 73 Pemdes Penolih Ikuti Karnaval Tingkat Kabupaten

Memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 73, Pemerintah Desa Penolih Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *