Home / Berita / Aplikasi BECERAN, Belanja Aman di Masa Pandemi

Aplikasi BECERAN, Belanja Aman di Masa Pandemi


Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia sejak awal bulan Maret 2020 tak terkecuali Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah ini mendorong milenial asal Purbalingga, Ikrom Ainun untuk meluncurkan  Aplikasi mobile “BECERAN”.

BECERAN merupakan kata yang berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki makna barang belanjaan kebutuhan sehari-hari.  Aplikasi BECERAN memfasilitasi ibu-ibu yang memiliki rutinitas keseharian belanja kebutuhan sehari-hari untuk menyiapkan makanan bagi keluarga. Melalui aplikasi ini dengan tetap aman berada di rumah  sesuai anjuran dari pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 para ibu dapat berbelanja dengan berbagai pilihan barang belanjaan dengan harga relatif sama dengan harga barang belanjaan di pasar.

Disampaikan oleh Ikrom bahwa Aplikasi BECERAN sebenarnya sudah dikonsep sejak  tahun 2017 tapi terkendala kesibukan karena saat itu masih bekerja di sebuah lembaga Fintech, jadi sempat terhenti. Kemudian pada awal tahun 2020 ketika Covid-19 mulai mewabah, akhirnya Ikrom memutuskan untuk meluncurkan Aplikasi BECERAN tepatnya pada bulan maret 2020 lalu.

Berbagai pilihan barang belanjaan mulai dari kebutuhan sayuran segar, bumbu dapur, buah-buahan, jajanan pasar, frozen food, beras, kecap, ubi-ubian, lauk pauk seperti tempe, tahu, ikan laut, dagin ayam, telor dan lainnya dapat dibeli melalui aplikasi ini.

Proses pemesanannyapun sangat mudah dengan mendownload aplikasi BECERAN terlebih dahulu selanjutnya pembeli tinggal memilih “beceran” yang akan dibeli selanjutnya tinggal menentukan cara pembayaran dan driver akan mengantarkan “beceran” ketempat pembeli. Untuk metode pembayaran bisa dilakukan melalui transfer maupun COD artinya pembeli juga bisa membayar setelah beceran diantar dan sampai ke tangan pembeli.

Aplikasi BECERAN yang dapat diunduh melalui Play Store ini menjangkau hingga jarak 25km dari Pasar Segamas dengan ongkos kirim  hanya 10ribu rupiah saja.  

Salah seorang pengguna aplikasi BECERAN, Dita mengatakan bahwa dirinya merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Kita bisa berbelanja berbagai kebutuhan pokok dengan berbagai macam pilihan kebutuhan pokok. Proses belanja juga bisa dilakukan ditengah-tengah kesibukan kita bekerja, dimana saja dan kapan saja. Dengan Aplikasi BECERAN, becer  semakin praktis karena kita tidak perlu mencari berbagai macam kebutuhan dengan mendatangi satu per satu penjual, cukup scroll dan klik di aplikasi. Selain itu juga bisa menghemat biaya transport, parkir dan terhindar dari membeli barang yang tidak diperlukan, kata Dita.

Keterangan Foto : “Dita” salah satu ASN Kabupaten Purbalingga sebagai pengguna Aplikasi BECERAN

Meski sejak akhir bulan Juni 2020 Pemerintah telah membuat kebijakan kenormalan baru dengan mulai membuka dan memperbolehkan aktifitas perkantoran, peribadatan dan perekonomian namun  berbelanja dari rumah merupakan suatu pilihan yang aman, sehat dan cerdas bagi para ibu. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Membuat Kelas Baru Dengan Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi produk google yang disediakan untuk membantu para pendidik dalam mengelola kelas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *