Home / Wisata Purbalingga / BOGAR Wisata Edukasi dan Petik Buah di Purbalingga

BOGAR Wisata Edukasi dan Petik Buah di Purbalingga

Botania Garden (Bogar) beralamat di Jalan Raya Karangcegak Desa Karangcengis Dukuh Jambenom, Rt. 3, Rw. 7 Kecamatan Bukateja Purbalingga. Dari Kantor Kecamatan Bukateja kearah selatan sampai di perempatan brak belok kiri kurang lebih 3 km sampai di pintu gerbang Desa Karangcengis maju sedikit ada Masjid Darul Mutaqien belok kiri.

Mengusung konsep wisata edukasi dan petik buah, Bogar yang dirintis sejak 1 tahun yang lalu oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Karangcengis Manis (Kangmas) menempati lahan di blok A seluas 35 hektar milih warga Desa setempat.

Dituturkan oleh Muflihudin selaku koordinator lapangan Bogar, berawal dari ide dan gagasan dari sekelompok pemuda yang tergabung dalam Remaja Masjid Darul Mutaqien yang sebelumnya sering mengadakan kegiatan keagamaan maupun kegiatan sosial seperti donor darah. Melihat kondisi kebun milik warga yang ditanami aneka buah-buahan seperti jambu kristal, jambu biji merah, jambu citra, jambu sukun dan jeruk, mereka berkeinginan untuk mengembangkan area lahan kebun buah yang ada menjadi tempat wisata edukasi.

Para petani pemilik lahan tetap menggarap lahannya seperti semula, sedangkan pemuda yang kini tergabung dalam Pokdarwis Kangmas mengatur pengunjung yang datang untuk dapat membeli buah dengan cara petik langsung dari pohon.

“Dulu kami tidak punya modal apa-apa hanya modal semangat dan iuran dari teman-teman Remaja Masjid, kami mulai dengan pembersihan lahan. Alhamdulillah saat peresmian taman Bogar, kami diberi bantuan oleh Bapak Bupati Tasdi sebanyak 100juta”, tutur Muflihudin.

Bantuan Keuangan Khusus dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga selanjutnya oleh Pokdarwis Kangmas digunakan untuk membuat 2 buah gazebo seluas 5 kali 12 meter dengan rangka atap baja ringan, pembuatan kamar mandi serta instalasi air.

Untuk tiket masuk diberlakukan tarif 7ribu 5ratus rupiah, sedangkan untuk petik buah jeruk perkilonya 10ribu rupiah, jambu kristal 10ribu rupiah per kilo, jambu sukun 8ribu rupiah, sedangkan untuk jambu biji merah 4ribu rupiah per kilo.

Sedangkan untuk wisata edukasi tersedia paket dengan harga mulai 12ribu 500rupiah hingga 25ribu rupiah per orang tergantung jenis paket wisata yang diambil seperti paket edukasi dan fun game, edukasi dan flying fox, pencangkokan, perangsangan buah serta pembuatan pupuk organik.

Untuk informasi paket wisata dapat menghubungi nomor WA 081232999404. (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Taman PROKLIM Desa Sumampir Purbalingga

Taman PROKLIM, terletak di Desa Sumampir Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Dari alun-alun Kabupaten Purbalingga ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *