Home / Wisata / Bukit Cinta Rawa Pening Semarang

Bukit Cinta Rawa Pening Semarang

Rawa Pening merupakan sebuah rawa / danau alam dengan luas 2.670 hektar. Berada di Kabupaten Semarang Jawa Tengah dan menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Bawen, Kecamatan Tuntang dan Kecamatan Banyubiru.


Rawa Pening terletak di cekungan terendah lereng Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran dan menjadi hulu sungai Tuntang. Kondisi saat ini rawa pening sudah mengalami pendangkalan dan sebagian permukaan air tertutup enceng gondok.

Ornamen di area Bukit Cinta Rawa Pening dari mulai bagian depan terdapat patung seorang perempuan yang tengah menaiki lesung dan relief yang menggambarkan tentang legenda Rawa Pening. Sebelum menaiki bukit kita akan menjumpai patung ular naga yang melingkari bukit. Sedangkan di area rawa banyak berjejer perahu-perahu kayu yang siap mengantarkan pengunjung untuk berwisata mengitari danau.

Saat ini area bukit cinta rawa pening tengah dalam proses renovasi melalui Kegiatan Pengembangan Kawasan Bukit Cinta Tahun Anggaran 2018/2019.

Asal usul Rawa Pening tak lepas dari ceritera rakyat tentang Baru Klinting anak dari Ki Hajar dan Nyai Salakata yang terlahir sebagai seekor ular naga. Untuk memberi pelajaran kepada warga Desa yang angkuh dan suka meremehkan orang lain, Baru Klinting menancapkan sebuah lidi ke dalam tanah lalu meminta warga Desa untuk mencabutnya. Namun tak seorangpun mulai dari anak-anak, perempuan dan laki-laki yang gagah perkasa bisa mencabut lidi tersebut. Akhirnya Baru Klinting yang mencabut lidi tersebut. Dari bekas tempat lidi tertancap menyembur air secara terus menurus dan menyebabkan banjir hingga akhirnya menggenang menjadi sebuah danau / rawa.

Untuk berwisata ke Bukit Cinta Rawa Pening kita cukup membayar tiket masuk seharga 6ribu rupiah.

Untuk menuju lokasi rawa pening sangat mudah, karena berada di jalur utama Semarang-Yogyakarta. Berikut ini Rute menuju rawa pening
Dari Alun Alun Ambarawa menurut google map :

10 menit (5,5 km)

  1. Ke arah barat di Jl. Ambarawa-Tambak boyo menuju Jl. Kartini Tambakboyo.
  2. Belok kanan ke Jl. Kartini Tambakboyo.
  3. Belok kanan untuk tetap di Jl. Kartini Tambakboyo.
  4. Belok kanan ke Jl. Sarjono
  5. Belok kanan ke Jalan Bawen – Ambarawa/Jl. Palagan.
  6. Gunakan 2 lajur kanan untuk belok kanan ke Jl. Jend. M Sarbini.
  7. Belok kiri ke Jl. Khan Abdul Halim
  8. Tiba di lokasi: Rw. Pening

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Banyumulek Sentra Gerabah di Lombok

Perjalanan wisata kami di Pulau seribu masjid selama 4 hari 3 malam berakhir sudah. Banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *