Home / Teknologi Informasi / Data Penduduk Jadi Kendala Implementasi SID di Serayu Larangan

Data Penduduk Jadi Kendala Implementasi SID di Serayu Larangan

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan sistem informasi yang digunakan untuk pelayanan administrasi pemerintahan desa berbasis data kependudukan / NIK. Melalui SID pengurusan berbagai macam surat pengantar seperti surat pengantar pembuatan KTP, KK, NTCR, akta kematian dapat dilayani dengan cepat dan mudah dengan data penduduk terisikan secara otomatis untuk kemudian dicetak.

Karena SID berbasis NIK dan menyimpan data penduduk lengkap dengan atribut-atributnya maka fihak pemerintah desa dapat mengolah data penduduk sesuai kriteria yang diperlukan untuk digunakan sebagai dasar penentuan berbagai kebijakan.

Namun demikian untuk mengawali implementasi SID memerlukan kerja keras, hal ini disampaikan oleh admin SID Desa Serayu Larangan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, Ria Maelani saat dikunjungi tim dari Dinkominfo Kabupaten Purbalingga, Kamis (6/3/19) kemarin.

“Data penduduk yang harus diinput ada 4ribu lebih, sedangkan saya hanya sendirian. Kami tidak minta data dari Dinpendukcapil sebab informasi dari teman-teman perangkat Desa yang sudah pernah minta data ke Dinpendukcapil sejak tahun 2017 tidak diberi, jadi saya input sendiri saja data penduduknya”, kata Ria.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

150 Kabupaten Kota Ikuti Assesment Gerakan Menuju 100 Smart city 2019

Sebanyak 150 Pemerintah Kabupaten / Kota¬† mengikuti penilaian (assesment) Dalam Rangka Program Gerakan Menuju 100 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *