Home / Pemerintahan Desa / Dinkominfo Purbalingga Fasilitasi Bintek desa.id

Dinkominfo Purbalingga Fasilitasi Bintek desa.id

Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga, Kamis (3/5/2018) memberikan fasilitas bimbingan teknis pengelolaan website desa.id bagi 20 Pemerintahan Desa yang baru mendaftar desa.id

Pelaksanaan Bimtek diikuti 40 peserta terdiri dari unsur perangkat desa dan pegiat Teknologi Informasi (TI) dari 20 desa masing-masing Desa Bantarbarang, Panusupan dan Desa Makam Kecamatan Rembang. Desa Lamongan, Sidanegara, Tejasari dan Desa Penaruban dari Kecamatan Kaligondang. Desa Majapura Kecamatan Bobotsari, Desa Kajongan Kecamatan Bojongsari, Desa Blater Kecamatan Kalimanah, Desa Siwarak Kecamatan Karangreja. Desa Candiwulan, Munjul, Cendana dan Desa Karangjengkol Kecamatan Kutasari. Desa Sumilir, Karangkemiri Kecamatan Kemangkon. Desa Dawuhan Kecamatan Padamara, Desa Serayu Larangan dan Binangun Kecamatan Mrebet.

Disampaikan oleh Kabid Informatika Dinkominfo Kabupaten Purbalingga, Sigit Dwi Purnomo saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan Bimtek, Di Kabupaten Purbalingga dari 224 Desa yang ada sampai dengan saat ini baru 67 Desa yang memiliki website dengan domain resmi desa.id. Sedangkan yang aktif mengupdate konten website hanya 24 Desa. Untuk itu Sigit berharap setelah kegiatan bimtek admin desa.id diharap selalu update konten website sesuai ketentuan UU KIP maupun mengupload informasi yang berkaitan dengan potensi dan produk lokal serta wisata yang ada di masing-masing Desa.

Tahun 2018 ini Dinkominfo mentargetkan paling tidak 100 Desa sudah mendaftar domain desa.id. Untuk mencapai target tersebut Dinkominfo memfasilitasi proses pendaftaran domain dan hosting gratis serta memberikan pendamping pengisian konten desa.id.

Selain sebagai implementasi keterbukaan informasi publik manfaat website desa.id lainnya diantaranya sebagai sarana untuk mempromosikan keberadaan, keunggulan dan potensi yang dimiliki Desa melalui media internet secara cepat, mudah dan murah tidak hanya secara Nasional tetapi juga internasional. Bagi masyarakat keberadaan website desa.id dapat mempermudah pencarian informasi tentang Desa dari sumber yang terpercaya dan resmi.

Sementara itu, salah satu peserta Bimtek dari Desa Panusupan Kecamatan Rembang, Jalil menuturkan kendala pengelolaan website di desa salah satunya karena koneksi internet yang tidak lancar, “kami sudah pasang Wi-Fi di Desa tapi sinyalnya ndlap ndlup (tidak stabil), kata Jalil.

Selain materi teknis cara memposting berita, gambar maupun laman peserta juga diberi materi terkait informasi yang harus dipublikasikan sesuai ketentuan UU Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan teknik menulis untuk promosi produk lokal. (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

SPSE 4.3

Sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang / Jasa yang diundangkan …

One comment

  1. bagaimana bila dari Dinkominfo mencoba mendatangi tiap-tiap Desa yang belum membuat Website Desa dan Desa yang sudah membuat Website tapi belum aktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *