Home / Pemerintahan / Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) merupakan forum yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah.

FKDM dibentuk dengan tujuan untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya “deteksi dini” terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana.

FKDM dapat dibentuk mulai dari tingkat provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan sampai di tingkat Desa / Kelurahan.

Adapun latarbelakang dibentuknya FKDM salah satunya karena penyelenggaranya keamanan. ketenteraman dan ketertiban masyarakat pada dasarnya menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah, Polri dan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Kantor Kesatuan Bangsa rencananya akan melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pengurus FKDM Kabupaten dengan Forkompimcam,Kepala Desa / Lurah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda, di 3 tempat, yaitu :

  1. Pada hari Rabu tanggal 28 Februari bertempat di aula Kecamatan Bobotsari dengan peserta dari Kecamatan Bobotsari, Karangreja, Karangjambu, Mrebet, Kertanegara, Karanganyar dan Karangmoncol.
  2. Pada hari Rabu tanggal 21 Maret bertempat di sula Kecamatan Bukateja dengan peserta dari Kecamatan Bukateja, Pengadegan, Kejobong, Kaligondang, Rembang dan Kemangkon
  3. Pada Hari Kamis tanggal 19 April bertempat di Kecamatan Kutasari dengan peserta dari Kecamatan Purbalingga, Kalimanah. padamara, Kemangkon, Kutasari dan Bojongsari.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Menariknya Mutasi Sekdes di Purbalingga

Dibalik ramainya pemberitaan di media sosial, televisi dan pemberitaan online tentang OTT di Kabupaten Purbalingga, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *