Home / Kaligondang / Jamu Gendong, Warisan Nenek Moyang yang Masih Eksis di Desa Kalikajar

Jamu Gendong, Warisan Nenek Moyang yang Masih Eksis di Desa Kalikajar

Kalikajar-Kaligondang. Jamu gendong merupakan obat tradisional warisan nenek moyang yang banyak dijumpai di Jawa Tengah, begitupula di Kabupaten Purbalingga, khususnya di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang.  Jamu gendong terdiri dari berbagai jenis, diantaranya jamu beras kencur, jamu kunir asam, jamu cabe puyang, jamu pahitan yang terbuat dari tumbuh tumbuhan rimpang (akar-akaran) seperti kunyit, kencur, asam jawa, temu lawak, jahe dan masing-masing jenis jamu gendong dipercaya dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

jamu-gendong-1

ilustrasi

Pada awalnya,  jamu gendong  dijajakan oleh perempuan dengan cara digendong berkeliling kampung, hingga diberi nama jamu gendong.  Namun seiring perkembangan jaman, kini penjual jamu gendong tidak hanya perempuan namun ada pula penjual jamu laki laki yang menjajakan jamu dengan bersepeda atau menggunakan sepeda motor berkeliling antar kampung.

Beberapa jenis jamu gendong yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya antara lain  :

  1. Jamu beras kencur, terbuat dari bahan dasar beras ditambah dengan kencur dan bahan lainnya, rasanya segar dan dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.
  2. Jamu kunir asam, terbuat dari bahan dasar kunyit dan asam jawa dicampur dengan gula merah, rasanya menyegarkan sedikit asam dan dipercaya dapat melancarkan menstruasi dan menyuburkan kandungan bagi wanita
  3. Camu cabe puyang, terbuat dari bahan dasar cabe jamu dan puyang serta bahan lainnya, dipercaya dapat mengatasi pegal linu dan badan meriang.
  4. Jamu pahitan, terbuat dari bahan utamanya sambiloto, brotowali serta empon emon. Sesuai dengan namanya, jamu ini rasanya pahit dan dipercaya dapat menurunkan kolesterol, pusing, pegal serta jerawat.

Berikut daftar nama penjual jamu gendong yang masih eksis di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang :

  1. Ibu Syariah, Rt. 001, Rw.  005
  2. Ibu Sundari,  Rt. 001, Rw.  005
  3. Ibu Sari Kartika,  Rt. 001, Rw.  005
  4. Ibu Indriani,  Rt. 001, Rw.  005
  5. Ibu Miswati,  Rt. 001, Rw.  005
  6. Ibu Sri Marwati,  Rt. 002, Rw.  005

 

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Bupati Purbalingga Louncing Selakambang Jadi Desa Binaan Pariwisata

Selakambang-Kaligondang.  Bupati Purbalingga, H.Tasdi,SH,MM louncing Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang sebagai Desa Binaan Pariwisata Kabupaten Purbalingga. …

5 comments

  1. Penjual Jamu gendong Di Desa Pagerandong Rt. 01 Rw. 3, Kecamatan Kaligondang : Ibu Ratini

  2. ayo datang ke kalikajar. jamu ada, niwo ada, bandeng ada, sriping ada, banyak banyak banyak lainnya…*..wonderfull indonesia..*

  3. Bikin tulisan serial Mbk, wawancara dg para penjual jamu gendong.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *