Home / Produk Unggulan Desa / Jeding Desa Galuh

Jeding Desa Galuh

Jeding, serupa dengan wajan besar yang dibuat dari drum bekas. Jeding biasa digunakan oleh penjual gorengan keliling seperti penjual tahu bulat. 

Rokhiman adalah salah satu perajin Jeding yang beralamat di Desa Galuh Rt. 04, Rw. 02 Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Jawa Tengah.

“Satu buah drum bekas dapat dibuat menjadi dua buah jeding”, kata Rohiman.  Sedangkan untuk satu buah jeding dijual oleh Rokhiman dengan harga 100ribu rupiah. 

Selama ini pembeli jeding kebanyakan datang dari Kabupaten tetangga yaitu Tegal, Pemalang dan Pekalongan. “mereka membeli jeding ketempat saya karena diberi tahu oleh temannya yang pernah membeli ketempat saya, lanjut Rokhiman.

Jadi selama ini jeding yang diproduksi oleh Rokhiman beserta para pekerjanya dipasarkan dari mulut ke mulut. Meskipun demikian  selalu ada saja yang membeli, sehingga menurut Rokhiman dari hasil  uhasanya membuat Jeding sangat cukup untuk membiayai kehidupan sehari – hari.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Sukses Bazar Duku Kalikajar Akan Jadi Agenda Tahunan Festival Duku Kabupaten

Sukses Penyelenggaran Bazar Duku Kalikajar Kecamatan Kaligondang Sabtu pagi kemarin (3/3) akan dijadikan agenda tahunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *