Home / Teknologi Informasi / Kabupaten Purbalingga Ikuti Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Kabupaten Purbalingga Ikuti Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga mengikuti Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang diselenggarakan oleh Kementetian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.  Pelaksanaan evaluasi SPBE diikuti oleh Kementerian / Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten / Kota melalui tahapan evaluasi mandiri dan pelaksanaan wawancara.

Kabupaten Purbalingga masuk pada kelompok 3 dimana pelaksanaan evaluasi mandiri diselenggarakan pada tanggal 26 Maret sampai dengan 18 Mei 2018. Hasil evaluasi mandiri dikirimkan kepada menteri secara online paling lambat tanggal 18 Mei untuk selanjutnya akan dilaksanakan wawancara pada hari Selasa tanggal 24 Juli 2018 mendatang bertempat di Hotel Grand Kemang Jakarta Selatan.

Evaluasi SPBE dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif, efisien, dan berkesinambungan, baik di Instansi Pusat maupun Pemerintah Daerah, dan bertujuan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sesuai ketentuan PermenPAN dan RB Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluaasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, tahapan evaluasi mandiri SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah dikoordinasikan oleh Sekretaris pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah atau pejabat yang memimpin unit secretariat.

Penilaian pada evaluasi SPBE menggunakan metode tingkat kematangan (maturity level) untuk menilai domain Kebijakan Internal SPBE, domain Tata Kelola SPBE, dan domain Layanan SPBE.

Pelaksanaan evaluasi SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah menggunakan metode evaluasi dokumen, yaitu melakukan penilaian tingkat kematangan SPBE berdasarkan dokumen yang berisi jawaban, penjelasan, dan bukti pendukung, pelaksanaan wawancara, yaitu melakukan penilaian tingkat kematangan SPBE berdasarkan tanya jawab dan observasi lapangan, yaitu melakukan penilaian tingkat kematangan SPBEberdasarkan pengamatan langsung. (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

PhotoMath Cara Mudah Menyelesaikan Soal Matematika

Sering merasa kesulitan belajar atau memecahkan solusi soal matematika yang diberikan oleh Bapak Ibu guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *