Home / Teknologi Informasi / Kecamatan Kaligondang Selenggarakan Bimtek Simr@l

Kecamatan Kaligondang Selenggarakan Bimtek Simr@l

Kecamatan Kaligondang, Sabtu kemarin (15/2) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan, Penganggaran dan Pelaporan (Simr@l) bagi Kepala Urusan Perencanaan se wilayah Kecamatan Kaligondang.

Penyelenggaraan Bimtek Simr@l diselenggarakan sebagai tindak lanjut rapat koordinasi persiapan Musrenbang Tingkat Kecamatan yang telah diselenggarakan pada tanggal 7 Februari 2018 dan Bimbingan teknis yang telah diselenggarakan pada tanggal 12 & 13 Februari 2018 oleh Badan Perencanaa Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Purbalingga.

Simr@al

Simr@l merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Aplikasi Simr@l mencakup semua proses dalam perencanaan, penganggaran dan pengelolaan keuangan dan kegiatan pembangunan di pemerintah daerah. Diantaranya meliputi proses pencatatan dan pengolahan data hasil Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan), RKPD, Renja SKPD, PPAS, penyusunan RKA/RAPBD, DPA, Anggaran Kas, penerbitan SPD, penatausahaan pendapatan dan belanja, penatausahaan kas daerah, akuntansi berbasis akrual, dan pelaporan-pelaporan yang dibutuhkan untuk mendukung sistem akuntansi berbasis akrual.

Panduan Input Simr@al Untuk Usulan Kegiatan pada Musrenbang Kecamatan Oleh Pemerintah Desa

Berikut ini panduan singkat untuk input Kegiatan yang akan diusulkan pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan, oleh Pemerintah Desa.

  • Pastikan Pemerintah Desa sudah memiliki user id dan password untuk masuk ke aplikasi Simr@al
  • Ketik alamat akses aplikasi Simr@al pada browser

  • Pada menu “modul “, pilih “Musrenbang”
  • Pada menu “Form”, klik “Desa/Kel”
  • Klik tanda “+” untuk input data usulan

  • Isi formulir usulan, sebagai berikut :
    • Nama Kegiatan, diisi dengan nama kegiatan yang akan diusulkan saat Musrenbang Kecamatan secara spesifik. Contoh “Pemeliharaan  jalan Selakambang – Sidareja”
    • Latar Belakang, diisi dengan alasan / latar belakang diusulkannya kegiatan tersebut.  Contoh “kondisi jalan yang ada saat ini rusak parah”
    • Output, diisi dengan hasil langsung dari kegiatan yang diusulkan.  Contoh “Terpeliharanya jalan Selakambang – Sidareja”
    • Outcome,  diisi dengan efek jangka panjang dari kegiatan yang diusulkan, Contoh “Akses transportasi aman, nyaman dan lancar”

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Dinkominfo Purbalingga Fasilitasi Bintek desa.id

Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga, Kamis (3/5/2018) memberikan fasilitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *