Home / Catatan Perjalanan / Menikah itu Mem *Bangun* Cinta bukan sekedar Jatuh Cinta

Menikah itu Mem *Bangun* Cinta bukan sekedar Jatuh Cinta

Ketika menentukan pilihan dan berkomitmen untuk menikah itu berarti siap untuk membangun cinta dengan pasangan sepanjang hidup.

Membangun cinta berbeda dengan jatuh cinta. Membangun cinta dilakukan setiap saat dengan kesadaran penuh menjaga, memupuk, mememihara rasa cinta yang ada dengan saling memahami kelemahan masing-masing, saling melengkapi kekurangan masing-masing. Berusaha membuat senang, menghindari hal-hal dan perbuatan yang bisa membuat pasangan bersedih. Membuat nyaman satu sama lain.

Sedangkan jatuh cinta itu bisa saja instan. Orang bisa jatuh cinta meski baru pertama bertatap mata kata orang cinta pada pandangan pertama.
Anak muda bilang bahagia meski hanya duduk berdua berdampingan. Berdebar-debar meski hanya melihat dari jauh. Tersenyum sendiri ketika membaca balasan WA meski hanya emoticon.
Yang seperti ini nyaris tidak dirasakan setelah menikah.

Adalagi yang bilang cinta itu buta. Kalau seperti ini bisa bahaya, buta bita membuat orang menabrak apapun yang ada disekitarnya. Bagaimana mungkin bisa mengenali pasangan kalau buta. Ketika jatuh cinta justru harus membuka mata dan telinga lebar-lebar biar bisa mengenali kepribadian masing-masing, apa saja kebiasaan baik dan kebiasaan buruk pasangan jadi tidak kaget ketika sudah menikah.

Meski demikian menikah itu membuat orang lebih bahagia terhindar dari depresi. Bagaimana tidak, dengan menikah kita punya teman bicara yang siap setiap saat mendengarkan keluh kesah, membantu mencarikan solusi ketika ada persoalan. Berbeda dengan saat pertama jatuh cita, orang cenderung menutupi dan menyembunyikan masalah yang dihadapi.

Menikah juga membuat orang lebih sehat, banyak kegiatan fisik, jasmani dan rohani yang bisa dilakukan bersama-sama oleh pasangan yang sudah menikah. Kegiatan yang tidak bisa diwakilkan dan kadang-kadang tidak bisa ditunda yang menyehatkan, membuat bugar dan awet muda. Tidak sekedar jalan-jalan atau nonton film berdua.

Menikah juga membuat orang lebih kaya. Berbeda dengan rumus matematika, bila pendapatan satu bulan satu juta digunakan untuk biaya hidup satu orang hanya pas-pasan atau kurang. Maka jangan berpikiran 1juta dibagi 2 orang dalam satu bulan akan min. Karena Yang Maha Kaya akan mencukupkan seluruh kebutuhan kita entah darimana sumbernya yang tidak terfikirkan oleh kita.

Pilihan untuk menikah berarti siap membangun cinta.

Selamat mencari pasangan yang tepat untuk diajak membangun cinta bagi yang masih sendiri.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

9 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Kurang lebih 6 hari lagi lebaran tiba. Cuti bersama bagi Aparatur Sipil Negara pun telah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *