Home / Produk Unggulan Desa / Miniatur Jenderal Soedirman Tanda Cinta Yuworo Untuk Purbalingga 

Miniatur Jenderal Soedirman Tanda Cinta Yuworo Untuk Purbalingga 

Sidanegara-Kaligondang. Kecintaanya terhadap tanah kelahiran membuat “Yuworo” warga Desa Sidanega Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah ini, tergerak untuk membuat produk kerajianan yang mempunyai ciri khas Purbalingga.

Bertepatan dengan informasi tentang akan adanya penyelenggaraan Festival Panglima Besar Jenderal Soedirman yang  dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 29 Januari di Rembang-Purbalingga, Yuworo mulai menggagas untuk membuat cindera mata berupa miniatur Jenderal Soedirman.

Awalnya Yuworo berniat membuat miniatur Jenderal Soedirman dengan bentuk mirip dengan   pantung yang berada di perempatan Jalan Mayjend Sungkono atau Depan Polres Purbalingga. “Jenderal Soedirman mengenakan jubah khas dan membawa tongkat,  posisi berdiri dengan kaki kanan sedikit diangkat”, kata Yuworo sembari menunjukkan miniatur yang baru setengah jadi.

Belum sempat menyelesaikan miniatur tersebut, Yuworo berpikir untuk membuat cetakan miniatur Jenderal Soedirman dalam posisi yang berbeda. Jenderal Soedirman mengenakan jubah khas namun dengan posisi berdiri tegap dan tangan kanan sedang hormat. Dan akhirnya Yuworo memutuskan untuk membuat cetakan miniatur Panglima Besar Jenderal Soedirman dengan model kedua.
Proses pembuatan cetakan miniatur Jenderal Soedirman diselesaikan Yuworo dalam waktu dua minggu.

Selanjutnya  Yuworo  mulai mencetak  miniatur Jenderal Soedirman dengan bahan dasar resin yang dipersiapkan untuk mengikuti expo pada pembukaan Festival Jenderal Soedirman.

Proses pengerjaan dari  mulai membuat cetakan, mencetak miniatur hingga finishing berupa pengecatan dikerjakan oleh Yuworo seorang diri. Dengan satu cetakan yang ada,  Yuworo mampu memproduksi   miniatur 5buah per harinya.

Untuk satu buah miniatur Jenderal Soedirman dengan ukuran tinggi kurang lebih 40senti meter dijual dengan harga 100ribu rupiah.

Selain miniatur Jenderal Soedirman, Yuworo juga membuat aneka souvenir seperti tempat pulpen yang dijual dengan harga 7ribu rupiah serta souvenir pernikahan lainnya. (+ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Bupati Tasdi Resmikan BUMDES Kalikajar

Kalikajar -Purbalingga. Bupati Purbalingga, H. Tasdi,SH,MM Sabtu pagi (3/3) meresmikan Gedung Badan Usaha Milik Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *