Home / Teknologi Informasi / NgabuburIT Cara Admin Desa Menanti Waktu Berbuka

NgabuburIT Cara Admin Desa Menanti Waktu Berbuka

Sore itu enam hari yang lalu tepatnya Rabu 6 Juni 2018 nampak berkumpul dan berdiskusi belasan Perangkat Desa yang notabene merupakan admin website desa di aula Dinas Kominfo Kabupaten Purbalingga.

Diskusi berjalan seru tanpa terasa kumandang adzan maghrib terdengar, hingga terpaksa salah satu peserta admin candinata.desa.id, Zaen yang saat itu tengah berbagi cerita tentang suka duka mengelola website resmi Pemerintahan Desa menghentikan pembicaraannya.

Lantas saja seluruh peserta yang hadir mengambil takjilan yang sudah disediakan oleh panitia untuk membatalkan puasa. Ada yang memilih air mineral, teh manis, kolak, bubur mutiara dan aneka jajanan yang terlihat nikmat.

Begitulah cara pegiat admin desa.id menunggu waktu berbuka puasa, dengan “ngabuburIT” menunggu waktu berbuka puasa sembari diskusi tentang Informasi dan Teknologi. Acara yang digagas oleh komunitas Agen Perubahan Informatika (API) yang dibentuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada bulan September tahun 2016 ini, merupakan pertemuan pertama di tahun 2018.

Sebelumnya komunitas ini aktif mengadakan pertemuan yang diberi tajuk “Juguran” pegiat IT Desa. Bahkan Dibebera pertemuan kerap menghadirkan pegiat IT dari Kabupaten tetangga, Banyumas dan Cilacap, komunitas bloger dan Dosen Teknik Informatika Unsoed untuk sharing dang mereview masing-masing website desa.

Pada kesempatan ngabuburIT salah satu admin desa.id dari Desa Makam Kecamatan Rembang, Nanang menyampaikan dirinya senang mengupdate makam.desa.id karena ingin menginformasikan tentang pengelolaan keuangan di Desanya. “Selama ini banyak masyarakat yang berpandangan negatif terhadap Desa terutama sejak digulirkannya ADD dan DD, untuk itu saya ingin menginformasikan penggunaan ADD dan DD agar masyarakat paham tentang pengelolaan dan penggunaan uang di desanya”, kata Nanang.

Sementara itu pada kesempatan serupa admin karangjambe.desa.id, Ari menyampaikan dengan website desa memberikan kemudahan bagi warga desa khususnya yang tengah berada di perantauan untuk mengetahui informasi mengenai perkembangan di desanya.

Di akhir acara ngabuburIT juga dilakukan pendampingan update konten website bagi admin desa.id baru oleh tim dari Bidang Informatika Dinas Kominfo Purbalingga. (*)

About Bude Ibar

Check Also

Dinkominfo Purbalingga Fasilitasi Bintek desa.id

Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga, Kamis (3/5/2018) memberikan fasilitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *