Home / Wisata / Pantai Kuta Mandalika Lombok

Pantai Kuta Mandalika Lombok

Pantai Kuta Mandalika Lombok atau yang lebih populer dengan sebutan Pantai Kuta Lombok. Berada di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Kuta Mandalika erat kaitannya dengan legenda Putri Mandalika. Seorang putri yang menjadi rebutan para pangeran dan pemuda, hingga akhirnya memutuskan untuk mengakhi hidupnya dengan menceburkan diri kedalam laut agar tidak diperebutkan dan bisa memberi manfaat bagi seluruh warga.

Setiap tahunnya di Pantai Kuta Mandalika diselenggarakan upacara Bau Nyale untuk mengenang Putri Mandalika. Pada upacara ini para nelayan dan warga sekitar akan turun ke laut untuk mencari Nyale. Nyale atau cacing laut ini diyakini oleh masyarakat Kuta sebagai jelmaan rambut Putri Mandalika. Dimana konon Putri nan cantik ini mempunyai rambut panjang hitam terurai.

Pantai Kuta Mandalika sangat diminati oleh wisatawan mancanegara hal ini disebabkan karena keidahan pantai yang luar biasa bahkan ada yang memberi julukan sebagai sekeping surga di Pulau Lombok. Air laut yang berwarna hijau kebiru biruan dengan pasir putihnya yang bersih serta jalanan di lingkungan pantai dengan paving block yang tertata rapih dan bersih semakin meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan ke lokasi pantai ini.

Di pinggir pantai juga terdapat sebuah Bungalowes & Restaurant Segare Anak salah satunya menyajikan menu khas Lombok berupa ayam taliwang dan plecing kangkung.

Selain menawarkan keindahan alam nan menakjubkan, Kuta Mandalika juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang bersih. Tak ketinggalan aneka macam souvenir khas Lombok yang dijajakan oleh anak-anak sekitar. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Banyumulek Sentra Gerabah di Lombok

Perjalanan wisata kami di Pulau seribu masjid selama 4 hari 3 malam berakhir sudah. Banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *