Home / Berita / Peningkatan Kapasitas KPMD

Peningkatan Kapasitas KPMD

Kecamatan Kaligondang bekerjasama dengan Tenaga Ahli Kabupaten Purbalingga dan Pendamping Desa wilayah Kecamatan Kaligondang menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis bagi Kader Pemberdayaan Masyaraka Desa (KPMD) se wilayah Kecamatan Kaligondang, Selasa 30 Agustus 2017 di aula Kantor Kecamatan Kaligondang.

simulasi kpmd

Keterangan Foto : KPMD Kecamatan Kaligondan ikuti Simulasi Perencanaan Pembangunan Desa dan Pembuatan Peta Desa Sebagai Salah Satu Alat Kaji Perencanaan

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas KPMD ini diikuti oleh 54 orang peserta masing masing 3 orang perwakilan  KPMD dari 18 Desa yang ada di Kecamatan Kaligondang.

Hadir sebagai narasumber Muhammad Ulil Albab selaku Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif  dan Muhammad Mujadid selaku Tenaga Ahli Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA KPMD) Kabupaten Purbalingga.

Pada kesempatan penyampaian materi TA KPMD Kabupaten Purbalingga, Mujjadid menyampaiakan “Sesuai ketentuan Pasal 18 Permendes Nomor 3 tahun 2015, KPMD secara umum bertugas untuk menumbuhkan dan mengembangkan, serta menggerakkan prakarsa, partisipasi, dan swadaya gotong royong”

Lebih lanjut Mujjadid menyampaikan KPMD juga bertugas untuk menyebarluaskan dan mensosialisasikan Program-program pembangunan desa kepada masyarakat desa, serta memastikan terlaksananya tahapan kegiatan program pembangunan di desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelestarian.

Pada sesi akhir dilaksanakan simulasi MusDes Perencanaan Pembangunan Desa dengan  harapan, kedepan pelaksanaan MusDesa perencanaan pembangunan Desa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang berlaku serta tepat waktu. (*ibar)

 

 

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Bupati Purbalingga Louncing Selakambang Jadi Desa Binaan Pariwisata

Selakambang-Kaligondang.  Bupati Purbalingga, H.Tasdi,SH,MM louncing Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang sebagai Desa Binaan Pariwisata Kabupaten Purbalingga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *