Home / Wisata / Penjor Meriahkan Galungan di Pulau Dewata

Penjor Meriahkan Galungan di Pulau Dewata

Memasuki Pulau Bali yang kerap dikenal dengan julukan Pulau Dewata dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimaluk kita akan disambut dengan rimbunnya pepohonan di kanan kiri jalan yang merupakan Kawasan Hutan Lindung yang berada di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Kelurahan Gilimanuk sendiri merupakan kelurahan yang berada paling Barat yang merupakan pintu masuk dan keluar Pulau Bali dari arah Barat atau kerap disebut dengan Gilimanuk Bali Barat.

Suasana sejuk nan asri di pagi hari di sepanjang kawasan hutan lindung ini akan terasa berbeda apabila kita melewati jalur ini di malam hari. Dimalam hari saat suasana mulai gelap, seakan akan ada suasana mistis dan magis. Suasana mistis ini juga disebabkan karena banyaknya sesaji yang dipersembahkan untuk Dewata di semua tempat di Pulau Bali. Kita akan jumpai sesaji baik yang berada di sudut jalan. di setiap halaman dan seputar rumah warga serta di samping pohon.

Sejurus kemudian mulai memasuki pemukiman warga selain keberadaan pure di tiap-tiap halaman rumah yang merupakan ciri khas rumah tinggal di Pulau Bali, terlihat penjor menjulang tinggi dengan variasi hiasan yang berbeda-beda berjejer menambah semaraknya jalanan di Pulau Bali.

Hari ini, Selasa 25 Desember 2018 ada yang berbeda di Bali. Tidak seperti hari-hari sebelumnya. Suasana meriah di pinggiran jalan raya dengan hiasan penjor (janur kuning yang dihias) menjulang tinggi tertata rapi di halaman rumah. Kemeriahan ini rupanya untuk menyambut hari Raya Galungan yang jatuh pada hari Senin besok tanggal 26 Desember dan hari Raya Kuningan yang jatuh pada tanggal 5 Januari 2018.

Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan hari Raya yang ditunggu tunggu oleh umat Hindu di Pulau Bali. Hari Raya ini merupakan simbol untuk merayakaan kemenangan Kebaikan atau Dharma melawan Adharma atau Kejahatan. Sedangkan penjor memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur.

Hal unik Lainnnya yang kerap kita jumpai di tiap halaman rumah maupun gedung-gedung perkantoran, hotel maupun restoran di Bali adalah keberadaan patung yang berbeda-beda.

Keterangan foto : Patung Hanoman yang berada di halaman Waribang Restoran Denpasar

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Pantai Tanjung Aan Lombok

Sampai di parkiran pantai Tanjung Aan rombongan kami langsung diserbu anak-anak usia belasan laki-laki dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *