Home / Pemerintahan Desa / Peringatan 5 Tahun Desa.id Membangkitkan Kembali Semangat Kemandirian Desa

Peringatan 5 Tahun Desa.id Membangkitkan Kembali Semangat Kemandirian Desa

Peringatan 5 tahun desa.id siang tadi, Selasa (1/5/2018) di Cafe Djagongan Jl. Gunung Merapi Bancar Kembar, Purwokerto Utara menjadi ajang untuk saling berbagi dan saling menguatkan antara pegiat Desa.id serta membangkitkan kembali semangat kemandirian Desa.

Hadir pada acara 5 tahun desa.id mantan Direktur Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI), Gerakan Desa Membangun (GDm), Pusko Media dan pegiat desa.id dari Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purbalingga.

Disampaikan oleh Kepala Desa Dermaji Kabupaten Banyumas yang didaulat menjadi Ketua Panitia dadakan, Bayu Setyo Nugroho, semangat desa.id lahir sebelum lahirnya Undang-Undang Desa, Domain desa.id membangkitkan kembali ruh semangat Desa untuk berdikari dan mandiri. Hal ini diamini oleh mantan Direktur PANDI, Sigit.

Dijelaskan oleh Sigit, Domain desa.id prosesnya cukup unik, berawal dari keinginan sejumlah pegiat TI Desa untuk membuat website dengan domain resmi pada tahun 2012. Kala itu Desa tidak boleh menggunakan domain go.id padahal Desa juga merupakan pemerintah. Sejak itu munculah ide untuk membuat domain sendiri. Pada bulan Juni 2012 PANDI menyelenggarakan diskusi umum terbuka untuk domain desa hingga pada akhirnya dibawa ke forum nama domain dan pada akhirnya disetujui dan domain Desa resmi menggunakan desa.id sejak tanggal 1 Mei 2013.

Proses panjang dari sejumlah pegiat IT Desa memperjuangkan domain desa.id ini menggambarkan semangat kemandirian Desa,

Desa.id merupakan inisiatif masyarakat, ide dari Desa sebagai identitas Desa di dunia maya. Dan sampai saat ini hanya dua domain yang menggunakan bahasa Indonesia yaitu desa.id dan ponpes.id

Acara 5 tahun desa.id dilanjutkan dengan sharing pengelolaan website desa.id dari peserta yang hadir sedangkan untuk penyelenggara 6 tahun desa.id tahun depan direncanakan di Desa Dagan Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. (*ibar)

About Bude Ibar

Check Also

SPSE 4.3

Sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang / Jasa yang diundangkan …

4 comments

  1. Luar biasa perjalanan yang penuh perjuangan dan nampak sudah desa-desa yang masih secara marginal mulai merentas menanjak naik. Melalui website desa.id tamapak kerja/kegiatan pemerrintahan desa dan potenso serta kearifan lokanya mulau tersiar ke penjuru dunia.
    Selamat Hari jadi desa.id / Ma5ih desa.id

  2. Selamat hari lahir desa.id , simbol semangat kemandirian desa

  3. Perlu memperbanyak testimoni kemanfaatan website desa.

  4. Jejaring desa sangat membantu memaksimalkan penggunaan domain Desa.Id. Selain itu, juga perlu mendorong Supra Desa untuk mewajibkan penggunaan domain Desa.Id sebagai identitas desa di ranah daring.

    Salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *