Home / Kaligondang / Perluasan Areal Tanam Cabe di Desa Lamongan Kecamatan Kaligondang

Perluasan Areal Tanam Cabe di Desa Lamongan Kecamatan Kaligondang

Lamongan-Kaligondang.  Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan   Kaligondang melakukan kegiatan perluasan areal tanam cabe  merah besar salah satu nya di Desa Lamongan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.

perluasan cabe di desa lamongan
Perluasan lahan tanam cabe di Desa Lamongan ini mencapai tiga hektar, berada di lahan milik Kelompok Tani Kramat Lestari Desa Lamongan dan mulai tanam pada awal bulam November.
Desa Lamongan sebagai salah satu Desa di wilayah Kecamatan Kaligondang yang komoditas utamanya hortikultura  juga pernah menanan cabe namun secara  konvensional, tanpa mulsa dan menggunakan pupuk makro saja.

lamongan persemaian cabe
Dijelaskan oleh Malikhatus Sangadah selaku  PPL wilayah binaan di Desa Lamongan, “Perluasan tanam cabe serempak di Desa Lamongan ini teknis pembibitannya secara komunal dengan penggunaan mulsa pada bedengan. Sedangkan  bibit cabe yang ditanam merupakan bibit berdaun empat sampai enam dan menggunakan pupuk lengkap dan agensia hayati.”,
Penggunaan pupuk lengkap yang dimaksud terdiri dari pupuk organik, pupuk hayati, pupuk makro, pupuk mikro, NPK dan dolomit.

lamongan pembuatan triciderma
Dengan metode ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas cabe antara 30 sampai dengan 50 prosen saat panen yang diperkirakan pada bulan Februari tahun depan.
Kegiatan perluasan tanam cabe di Desa Lamongan juga didampingi oleh Eko Sugianto,SP selaku Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Kecamatan Kaligondang.  ( Ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Ramadhan Karangtaruna Adhigana Perwira Bagikan Sembako

Memasuki hari ke 26 di bulan Ramadhan 1439H Karangtaruna Adhigana Perwira Desa Penolih Kecamatan Kaligondang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *