Home / Pemerintahan / Rakor Progres Coklit Bersama PPS dan PPK Kaligondang 

Rakor Progres Coklit Bersama PPS dan PPK Kaligondang 

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, Sabtu siang  (27/1) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor)  untuk membahas capaian kinerja Pencocokan dan Penelitian (coklit)  data pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 yang telah dilaksanakan oleh 107 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP)  se wilayah Kecamatan Kaligondang.

Disampaikan oleh Divisi Hukum PPK Kaligondang, Arief Rahmat Hidayat, rakor yang diselenggarakan di Pendopo Aboebakar Kecamatan Kaligondang ini juga membahas tentang teknis pelaporan  sementara hasil pencoklitan, teknis pelaksanaan monitoring terhadap  PPDP baik dari PPS maupun PPK serta penilaian kinerja kepada PPDP/TPS oleh KPU.

Selain itu juga dilaksanakan identifikasi kebutuhan logistik PPDP.

Sementara itu,  peserta rakor  yang terdiri dari 18 orang Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS), memanfaatkan kesempatan untuk menyampaikan persoalan – persoalan yang muncul saat pencoklitan.

Persoaalan yang dijumpai dilapangan saat pencoklitan diantaranya   adanya pemilih yang terdaftar di lebih dari satu tempat tinggal, di temukannya para perantuan yg belum bisa di pastikan akan kepulangannya saat hari H pencoblosan. Selain itu  juga  adanya kepemilikan  identitas ganda artinya pemilih memiliki 2 identitas, yang pertama identitas di tempat kelahiran kemudian mereka merantau dan membuat identitas lagi di perantauan namun tidak sesuai prosedur.

Dijelaskan oleh Divisi Mutarlih PPK Kaligondang,Tri Adhi Saputra “Sesuai ketentuan pasal 6 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun  2017 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan /atau Walikota dan Wakil Walikota “Seorang Pemilih hanya didaftar 1 (satu) kali dalam daftar Pemilih di PPS pada setiap desa/kelurahan. Jika Pemilih terdaftar di lebih dari 1 (satu) tempat tinggal, Pemilih dimaksud didaftar sesuai dengan alamat yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau Surat Keterangan,  sesuai dengan data identitas terbaru yang dimiliki”.

Kepada pemilih yang telah terdaftar  diberikan tanda bukti terdaftar menggunakan formulir Model A.A.1-KWK yang merupakan Tanda Bukti Pendaftaran Pemilih.

Dan pada tempat tinggal Pemilih tersebut ditempeli stiker Coklit menggunakan formulir Model A.A.2-KWK yang merupakan Stiker Tanda Bukti Pencocokan dan Penelitian.

Selanjutnya, disampaikan oleh Arief “Untuk memudahkan kontrol terhadap kinerja PPDP, maka PPDP diminta untuk melaporkan hasil pencoklitan paling tidak setiap 10 hari sekali kepada PPK untuk diteruskan ke KPUD Kabupaten Purbalingga”.  (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Nobar Debat Terbuka Cagub Jateng, PPK Kaligondang Undang Kader Bela Negara

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kaligondang malam ini Kamis (3/5/2018) untuk kedua kalinya menyelenggarakan nonton bareng …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *