Home / Berita / Salut : Warga Desa Sidareja Kerjabakti Buka Akses Jalan Baru Dukuh Pecatutan – Karangmaja

Salut : Warga Desa Sidareja Kerjabakti Buka Akses Jalan Baru Dukuh Pecatutan – Karangmaja

Sidareja-Kaligondang.  Sejak hari Minggu 17 September lalu, warga Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah melaksanakan kerjabakti untuk membuka akses jalan baru.

Akses jalan baru ini menghubungkan antara Dusun 03 Rt. 12 Dukuh Pecatutan dengan Dusun 02 RT.08 Dukuh Karangmaja.

Jalan penghubung antar Dusun ini dibangun dengan swadaya murni masyarakat Desa Sidareja, dengan panjang jalan 2 km dan lebar jalan 4meter.

pembukaan jalur baru karangmaja pecatutan2

Selain swadaya berupa tenaga dengan melakukan kerjabakti setiap hari Minggu, warga Desa Sidareja yang memiliki tanah di lokasi pembukaan jalan juga dengan suka rela menghibahkan tanahnya untuk dijadikan jalan baru.

Tidak hanya kaum laki-laki bahkan ibu-ibu pun nampak antusias dan bersemangat mengikuti kerja bakti.

Terlihat jelas kekompakan warga Desa, dari anak-anak, pemuda hingga orang tua didampingi Perangkat Desa, Unsur Kelembagaan Desa dan Kepala Desa tentunya, terjun langsung dan membaur melaksanakan kerjabakti.

pembukaan jalur baru karangmaja pecatutan1

Dituturkan oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sidareja, Suroyo disela sela waktu kerjabakti, Minggu (19/11), keinginan untuk membuka akses jalan Dusun Pecatutan – Karangmaja sudah sejak tahun 2005 lalu, namun karena waktu itu ada beberapa pemilik lahan terdampak yang tidak setuju, jadi pembukaan akses jalan baru ditunda.

pembukaan jalan baru mlayang sidareja titik 0

Keterangan foto : Lokasi Dusun Pecatutan yang sedang dibuka akses baru jalan penghubung antar Dusun Pecatutan menuju Dusun Karangmaja.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Desa Sidareja Tri Adi Wardoyo saat mendampingi Camat Kaligondang bersama dengan Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) pada kesempatan monitoring kegiatan pembukaan jalan Dusun Pecatutan – Karangmaja.

“Kami mengadakan musyawarah dengan warga di Rt. 08 dan Rt. 12, Alhamdulillah seluruh warga setuju dan sepakat untuk membuka akses jalan baru yang menghubungkan Dusun Pecatutan dan Karangmaja. Termasuk beberapa warga Desa yang dulunya tidak setuju justru saat ini mengusulkan untuk membuka jalan ini.”, ujar Tri Hadi Wardoyo.

pembukaan jalur baru karangmaja pecatutan

Sementara itu, Suroyo menambahkan “Sejak dibukanya akses jalan baru hingga saat ini, setidaknya sudah 50 pohon kelapa di lokasi lahan terdampak yang ditebang secara sukarela oleh warga”.

Dengan dibukanya akses jalan Dusun Pecatutan – Karangmaja, kedepan diharapkan bisa direncanakan kegiatan peningkatan jalan Dusun Pecatutan – Karangmaja, pada RPJMDes maupun APBDes Sidareja dengan sumber pembiayaan dari Dana Desa. (*Ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Tim Grow Up Juara 1 Web Development S-Tech

Tim Grow Up dari Polteknik Harapan Bersama Tegal meraih juara 1 pada ajang lomba Web …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *