Home / Kaligondang / Selakambang-Kaligondang. Desa Ini Dialiri 3 Sungai

Selakambang-Kaligondang. Desa Ini Dialiri 3 Sungai

Tahukah kamu Desa Selakambang yang Berada di Wilayah Kecamatan Kaligondang-Purbalingga di Aliri 3 Sungai ?

Desa Selakambang merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Kaligondang-Purbalingga-Jawa Tengah. Desa ini dialiri 3 aliran sungai yaitu Sungai Lebak, Sungai Ranu dan Sungai Langkap.

Sungai Lebak melewati Dusun 1, Dusun 3, Dusun 2 dan Dusun 4. Aliran sungai Lebak dimanfaatkan oleh sebagian warga Dusun 3 (Dusun Wringin Wetan) dan Dusun 4 (Dusun Beji) untuk mengaliri kolam air tawar. Setidaknya ada 60 Kepala Keluarga (KK) yang memiliki kolam air tawar utamanya lele dan gurame.

Sungai Ranu melewati Dusun Gembrungan (Dusun 5) sedangkan Sungai langkap melewati Dusun 1, Dusun 3 dan Dusun 5.

Disaat musim kemarau kondisi 3 sungai yang ada di Desa Selakambang, aliran sungainya kecil. Sedangkan saat musim hujan adakalanya air sungai meluap meskipun kondisi luapan air dari 3 sungai yang ada tidak sampai masuk ke rumah warga. Hanya saja di sebagian perkebunan milik warga yang ditanami singkong, palawija, kacang terendam hingga 10 sentimeter. Terutama Sungai Ranu yang melewati Dusun Gembrungan (Dusun 5), apabila air bah dampak yang ditimbulkan ke Desa tetangga menggenagi sawah Desa Penolih dan Desa Cilapar dan menggenangi ladang singkong milik warga Dusun Gembrungan. (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Meriahkan HUT RI ke 73 Pemdes Penolih Ikuti Karnaval Tingkat Kabupaten

Memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 73, Pemerintah Desa Penolih Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *