Home / Catatan Perjalanan / Simak 6 Karakteristik Media Online

Simak 6 Karakteristik Media Online

Media online adalah media generasi ketiga setelah media cetak (koran, majalah, buku) dan media elektronik (radio, televisi).

Media online merupakan sarana komunikasi yang bisa diakses dalam jaringan menggunakan komputer, android  dan koneksi internet.

Berikut ini 6 ciri khusus / sifat /  karakteristik yang dimiliki media online :

  1. Media Online Bersifat Bebas.

Konten dan penulis pada media online bersifat bebas. Kita bisa mencari artikel maupun berita dengan tema yang bermacam-macam dan pada kanal yang beragam sesuai dengan kebutuhan kita. Berbeda dengan media cetak yang hanya menyajikan informasi dalam satu edisi cetakan, kita tidak bisa membaca informasi yang kita inginkan / butuhkan tetapi kita membaca informasi yang pada edisi itu sajikan saja.  Demikian pula penulis pada media online, selain penulis tetap media online juga sangat memungkinkan bagi penulis freelancer untuk berpartisipasi mengirimkan tulisanya. 

2. Saved and re-accessable

Karekteristik media onlie lainyya yaitu informasinya tersimpan dalam media penyimpanan yang disebut dengan server dan dapat diakses kembali, dapat dicari dan dibaca kembali saat diperlukan bahkan dapat di posting kembali. 

3. Cepat.

Proses penerbitan media online tidak memerlukan waktu yang lama, Ketika selesai penulisan bisa langsung dipublikasikan dan bisa dikerjakan dimana saja, kapan saja sepanjang tersedia koneksi internet

4. Interaktif

Informasi maupun pemberitaan pada media online memungkinkan pembaca untuk memberikan tanggapan secara langsung pada kolom komentar yang lazimnya berada dibawah artikel / berita. Namun tanggapan pembaca ini tidak secara otomatis muncul melainkan harus diterima / melalui proses verifikasi dari penulis terlebih dahulu. Selain melalui kolom komentar, pembaca juga bisa berinteraksi dengan penulis melalui chat room, polling  maupun eMAil.

5. Update

Pembaharuan informasi / publikasi informasi dapat dilakukan kapan saja secara cepat.

6. Jangkauanya luas

Jangkauan media online tidak terbatas hanya dalam satu wilayah / negara saja, bahkan seluruh dunia dapat mengakses pemberitaan dan informasi dari media online. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan jangkauan media cetak dan media elektronik.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Ternyata Bisa Juga Lewati Ramadhan Tanpa Bukber Tanpa Ngabuburit

Hari ini Sabtu (23 /5) merupakan hari ke 30 atau hari terakhir puasa di Bulan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *