Home / Berita / Tingkatkan Nilai Ekonomi Kelompok Tani Desa Penolih Produksi Pupuk Organik.

Tingkatkan Nilai Ekonomi Kelompok Tani Desa Penolih Produksi Pupuk Organik.

Penolih-Purbalingga. Tingkatkan nilai ekonomi petani Kelompok Tani Sti Lestari 2 bersama dengan Gabungan Kelompok Tami(Gapoktan) Desa Penolih Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah meproduksi pupuk organik.

pupuk organik alam tani

Pembuatan pupuk organik di Desa Penolih berawal dari pemberian bantuan Unit Pembuat Pupuk Organik (UPPO) oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian empat tahun yang lalu.

Pupuk organik yang diproduksi Gapoktan Desa Penolih ini berupa pupuk cair yang diberi merk “Mutiara Alam Tani”.

Disebutkan oleh Penyuluh Pertanian Kecamatan Kaligondang, Darmawan “Dengan menggunakan pupuk organik tanah menjadi lebih subur, tanaman lebih tahan terhadap hama penyakit dan yang tidak kalah penting harga gabah menjadi meningkat.  Harga beras organik di pasar lokal Purbalingga mencapai 15ribu rupiah, sedangkan untuk beras non organik 8 hingga 9 ribu rupiah”.

Hingga saat ini 80 % petani di Desa Penolih menggunakan pupuk organik Mutiara Alam Tani, yang dijual dalam kemasan botol isi satu liter dengan harga 50ribu rupiah per botol.

Selain melayani kebutuhan petani lokal, Pupuk Organik  Mutiara Alam Tani juga pernah mendapat pesanan dari Wonosobo.

Pupuk organik yang terbuat dari campuran sekam, daun, rumput, kotoran hewan, dedak dan kapur dolomit ini sementara masih menggunakan uji laboratorium dari Unsoed dan belum mengantongi ijin edar. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Antisipasi Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Karangtaruna Adhigana Perwira Penolih Selenggarakan Bimbingan Mental Bagi Remaja

Penolih-kaligondang. Waspada terhadap kemungkinan munculnya dampak negatif yang ditimbulkan oleh semakin pesatnya perkembangan Teknologi Informasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *