Home / Berita / TPQ se-Kaligondang Lakukan Pengisian Data Emis

TPQ se-Kaligondang Lakukan Pengisian Data Emis

PURBALINGGA – Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan yang berkualitas. Lembaga pendidikan agama non formal, seperti Taman Pendidikan al Quran (TPQ) di Kecamatan Kaligondang, melakukan pengisian data melalui sebuah sistim aplikasi Education Managemen Informasi (Emis).

pengisian emis TPQ

Acara Sosialisasi Kelembagaan atau Emis Lembaga Pendidikan TPQ itu dilaksanakan di Aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kaligondang . Dan diikuti oleh seluruh pengelola TPQ se-Kecamatan Kaligondang, pada hari Rabu (25/10/2017) siang.

Kepala KUA Kaligondang, Purbalingga, Jawa Tengah, H Abdul Mujib, MAg, menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi kelembagaan merupakan salah satu usaha dalam peningkatan akses pendidikan keagamaan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, menurut Mujib, maka perlu dilakukan dengan strategi meningkatkan jaminan kualitas kelembagaan pendidikan islam melalui sebuah sistem aplikasi Emis.

“Dengan adanya data yang riil, hal itu mendukung pengambilan kebijakan. Yang muaranya akan lebih meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi masyarakat dan kepada lembaga itu sendiri,” jelas Mujib, Rabu (25/10).

Guna mendukung efesiensi dan efektifitas pelaksanaan pendataan melalui sistem aplikasi Emis, Ia juga mengingatkan kepada seluruh pengelola TPQ untuk melengkapi seluruh administrasi kelembagaan. Seperti Surat Ijin Operasional, data santri, ustadz dan kurikulum.

“Hal itu terkait dengan implementasi Peraturan Pemerintah (PP) No 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Dan sejalan dengan amanat UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Perpres No 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, Kurikulum TPQ dan lain-lain,” jelasnya.

Sementara itu, kegiatan pengisian data kelembagaan Emis yang dipandu oleh Ketua Badko TPQ Kaligondang, H Achmadi SAg, MPd, berjalan cukup lancar. (Pewarta : Ies*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Perencanaan Desa Partisipatif: wujud Kedaulatan rakyat

SLINGA- suatu kebahagiaan tersendiri ketika bisa ikut hadir bersama warga desa yg terdiri dari berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *