Home / Produk Unggulan Desa / Wayang dan Gunungan Kreasi Pemuda Desa Sidanegara

Wayang dan Gunungan Kreasi Pemuda Desa Sidanegara

Sidanegara-Kaligondang.  Adalah Agus Susanto, pemuda berusia 22 tahun putra pertama dari pasangan Bapak Pardi dan Ibu Sahinem yang beralamat di Rt. 2 Rw. 6 Dusun 1 Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.  Merupakan salah satu pecinta seni tradisional yang berperan dalam upaya pelestarian budaya khususnya wayang

Dirinya mencintai wayang, sejak duduk di bangku Sekolah Dasar.  Berbekal kepiawaiannya menggambar Agus mulai melukis dan membuat wayang dari kertas karton sejak kelas 2 SD.  Kala itu, hasil kreasinya dijual kepada teman-teman sekolahnya.

wayang sidanegara
Keterangan foto : Lukisan wayang dan gunungan wayang kreasi perajin asal Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.

Kini Agus selain membuat wayang dengan bahan dasar karton juga membuat wayang dengan bahan dasar karpet karet.

Untuk wayang dengan bahan dasar kertas karton dibandrol dengan harga mulai dari 10ribu rupiah. Sedangkan untuk wayang berbahan dasar karpet karet dijual dengan harga antara 100ribu hingga 150ribu rupiah.

Selain itu, pemuda lajang yang sehari hari bekerja sebagai tukang bangunan ini juga membuat gunungan wayang yang dijual dengan harga berkisar antara 300ribu hingga 400ribu rupiah.

wayang sidanegara 2
Keterangan foto : Punakawan dan gunungan wayang kreasi perajin asal Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.

Selama ini pembeli yang memesan hasil kreasinya diantaranya pelaku seni dan dalang lokal dari kecamatan pengadegan, Kaligondang dan sekitarnya.

Bagi yang berminat untuk memesan, bisa menghubungi nomor :0823 2509 6934.  (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Bupati Tasdi Resmikan BUMDES Kalikajar

Kalikajar -Purbalingga. Bupati Purbalingga, H. Tasdi,SH,MM Sabtu pagi (3/3) meresmikan Gedung Badan Usaha Milik Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *