Home / Wisata / ​Kawah Sikidang Dieng

​Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng termasuk salah satu obyek wisata unggulan di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, yang banyak dikunjungi wisatawan. Kawah yang masih menunjukan aktivitasnya ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Posisi kawah sikidang berbeda dengan kawah pada umumnya yang terletak dipuncak gunung berapi yang sulit dijangkau. Kawah sikidang berada ditanah yang datar sehingga mudah dijangkau sehingga  pengunjung dengan mudah menyaksikan fenomena alam berupa aktifitqs kawah yang masih aktif, berupa lumpur panas yang mendidih dan meletup letup dengan bau belerang yang menyengat dan asap putih yang mengepul.

Dinamakan sikidang, karena konon kolam kawah akan berpindah dan seolah olah melompat dalam satu kawasan seperti lompatan hewan kijang (dalam bahasa jawa : kidang).

Keberadaan kawah sikidang membawa berkah tersendiri  bagi warga disekitar. Banyak penduduk sekitar yang menjajakan aneka makanan dan oleh oleh khas Desa Dieng seperti carica, buah terong belanda, kentang, paprica  di los dan kios masuk tempat wisata ini.

Selain itu, seiring boomingnya sosial media, dikomplek wisata Kawah sikidang saat ini banyak kita jumpai tempat untuk berswafoto / selfie dengan tarif per lokasi antara 3ribu sampai dengan 10ribu rupiah.

wahana-selfie-dieng

Keterangan Foto : Salah satu wahana selfie di Komplek Kawah Sikidang Dieng

wahana-selfie-dieng-2

Kawah sikidang berada satu komplek dengan candi Arjuna dan kita bisa mendapatkan tiket terusan dari Candi Arjuna dengan harga yang cukup murah, hanya 15ribu rupiah. (*Ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Banyumulek Sentra Gerabah di Lombok

Perjalanan wisata kami di Pulau seribu masjid selama 4 hari 3 malam berakhir sudah. Banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *