Home / Pelayanan Publik / Pastikan Kendaraan Anda Laik Jalan, Lakukan Uji Kir di DINHUBKOMINFO

Pastikan Kendaraan Anda Laik Jalan, Lakukan Uji Kir di DINHUBKOMINFO

Pastikan Kendaraan Anda Telah Laik Jalan, Karena Keselamatan Bukan Suatu Kebetulan

Salah satu fungsi pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga adalah melaksanakan pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor.

Pengujian Kendaraan Bermotor  atau sering disebut uji Kir merupakan serangkaian proses pemeriksaan teknis kendaraan bermotor angkutan  baik angkutan orang maupun angkutan barang. Pelaksanaan uji  Kir dilaksanakan oleh  penguji yang memenuhi syarat,.  Adapun tujuan uji Kir salah satunya adalah untuk menjamin keselamatan secara teknis terhadap pengguna angkutan umum, dan menjamin kelaikan teknis kendaraan untuk beroperasi .

Pelaksanaan uji Kir mulai dari proses pendaftaran, pengecekan kelengkapan administrasi, dan pemeriksaan kendaraan secara teknis yang meliputi :

  • Pemeriksaan fungsi rem, kekuatan rem 50% dari berat sumbu
  • Pemeriksaan fungsi klakson, lampu, speedometer, kaca
  • Pemeriksaan sitem kemudi
  • uji emisi / gas buang,

uji-kir

Pengujian Kendaraan Bermotor   dilakukan Setiap 6 bulan sekali dan apabila terlambat melaksanakan uji Kir  dikenakan denda sebesari 2% dari pokok retribusi.

Rata rata dalam 1 bulan Dinhubkominfo Kabupaten Purbalingga melayani 800 s/d 1.000 mobil angkutan yang melaksanakan uji  kir.  Biasanya hari padat adalah hari Senin dan hari Jum’at sekitar 60 sd 70 kendaraan yang dilayani

Sebagai tanda bukti lolos uji kir, akan diberikan  buku uji dan plat uji.

 

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

DPU PR Launching SI JaKa Bangga

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Purbalingga, pagi tadi Rabu 18 Juli …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *