Home / Teknologi Informasi / Cara Membuat Materi Pada Google Classroom

Cara Membuat Materi Pada Google Classroom

Untuk memasukan materi dan tugas pada Kelas Google Classroom yang telah kita buat sebelumnya (baca cara membuat kelas pada Google Classroom) pertama-tama buka browser dan ketikan alamat URL
https://classroom.google.com/ selanjutnya akan muncul tampilan login, ketikan eMail google dan paswdornya. Selanjutnya akan tampil nama kelas yang sebelumnya sudah kita buat.

Berikut ini langkah-langkah untuk memasukan materi dan tugas pada google classroom yang sudah kita buat :

  • pertama masuk / klik pada nama kelas yang akan kita beri materi dan tugas
  • Setelah masuk kelas, klik pada menu Classwork / Tugas Kelas
  • Lalu klik create / buat. Menu create berfungsi untuk mengupload materi, tugas dan pertanyaan / kuis yang akan kita bagikan kepada siswa yang terdaftar dalam satu kelas. Kita juga dapat mengurutkan tugas sesuai yang kita inginkan untuk diperlihatkan kepada siswa
  • Selanjutnya Klik Topik. Sub Menu Topik yang ada pada menu Create berfungsi untuk mengatur tugas kelas ke dalam modul atau unit. Lalu ketik nama topik yang akan kita buat, setelah di ketik nama topiknya lalu klik tambahkan. Apabila nama topik yang sudah kita buat dirasa kurang tepat nantinya dapat kita edit / ganti nama.
  • Setelah topik kita buat selanjutkan kita masukan materi untuk kelas dengan cara klik Create / Buat lalu pilih dan klik Materi
    kelas. Selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk mengisikan judul materi, deskripsi materi serta menu tambahkan yang berfungsi untuk menambahkan materi file yang berada pada google drive, link / tautan URL internet, file dari komputer atau link dari youtube yang akan kita bagikan sebagai materi kepada siswa dalam satu kelas.
  • Setelah selesai proses upload, pada menu yang berada di bagian kanan kita dapat menentukan siapa saja siswa yang dapat melihat materi tersebut bisa juga dipilih seluruh siswa. Selain itu juga terdapat menu topik yang dapat kita pilih.
  • Setelah selesai klik menu Posting yang berada pada pojok kanan atas.
Keterangan : kotak dialog untuk mengisikan judul, diskripsi dan file yang akan dilampirkan sebagai materi

Setelah selesai memposting materi selanjutnya pada classroom siswa akan muncul tulisan guru memposting materi baru, siswa tinggal mengklik materi tersebut untuk dapat mempelajari materi yang disampaikan oleh guru. Apabila ada materi yang kurang jelas, siswa dapat mengadukan pertanyaan pada kolom komentar.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Membuat Kelas Baru Dengan Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi produk google yang disediakan untuk membantu para pendidik dalam mengelola kelas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *