Home / Teknologi Informasi / Cara Mudah Membuat Survey Menggunakan Google Form

Cara Mudah Membuat Survey Menggunakan Google Form

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan sebuah organisasi, adakalanya perlu melakukan survey kepada masyarakat. Ada cara praktis yang dapat digunakan untuk melakukan survey online. Dengan cara ini kita tidak perlu menggandakan lembaran survey dan membagikannya secara langsung kepada masyarakat. Hasil survey / tanggapan juga otomatis terekap dan dapat ditampilkan dalam bentuk grafik.

Survey cukup dilakukan dengan cara membagikan link / tautan melalui eMail, sosial media maupun WA. Untuk membuat survey semacam ini salah satunya kita bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Google yaitu menggunakan google form. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Ketik pada browser https://drive.google.com
  • Login dengan akun gmail yang kita miliki
  • Pada menu drop dwon My drive / Drive Saya, pilih More/ Lainnya, lalu pilih Google Form

Google form juga telah menyiapkan beberapa template formulir yang dapat langsung diaplikasikan, seperti formulir untuk menghadiri acara sebagimana tampilan berikut :

Kita juga bisa membuat formulir survey sesuai dengan keperluan kita, seperti berikut :

Tanda + pada menu yang ada disebelah kanan digunakan untuk menambahkan pertanyaan. Kita juga dapat memilih tipe jawaban survey seperti jawaban singkat, jawaban panjang, pilihan ganda, dan lainnya.

Untuk membagikan formulir survey dapat kita lakukan dengan cara,  klik pada menu KIRIM yang berada pada pojok kanan atas. Selanjutnya kita dapat mengirimkan kepada responden melalui akun akun eMail maupun mengirimkan ke sosial media maupun WA dengan cara copy paste tautan / link formulir survey.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Cara Mirroring Android ke PC Menggunakan Airdroid

Untuk dapat mengakses HP Android melalui PC atau laptop kita dapat menggunakan aplikasi mirroring screen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *