Home / Catatan Perjalanan / Dinkominfo Sosialisasikan Rintisan Desa Berbasis TI

Dinkominfo Sosialisasikan Rintisan Desa Berbasis TI

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga pagi tadi, Selasa (11/6) mensosialisasikan rintisan Desa Berbasis Teknologi Informasi.

Acara yang berlangsung di aula Aboebakar Kecamatan Kaligondang ini diikuti oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa se wilayah Kecamatan Kaligondang. Selain itu acara juga dihadiri Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa untuk wilayah Kecamatan Kaligondang.

Kepala Seksi Aplikasi dan Infrastruktur TIK Dinkominfo, Baryati saat menyampaikan materi sosialisasi menjelaskan bahwa kegiatan rintisan Desa Berbasis Teknologi Informasi ini erat kaitannya dengan Peraturan Bupati Purbalingga Nomor 9 tahun 2018 tentang Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) di Kabupaten Purbalingga.

SID sebagai sistem informasi yang diterapkan ditingkat desa setidaknya ada 3 aplikasi yang bisa digunakan untuk mewujudkan rintisan Desa berbasis TI.

Yang pertama website dengan domain resmi desa. id yang berfungsi antara lain sebagai alat untuk mengelola data desa, serta sebagai media informasi dan komunikasi Pemerintahan Desa kepada masyarakat luas secara daring.

Aplikasi atau Sistem Informasi yang kedua yang diterapkan di tingkat Desa yaitu Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) yang digunakan untuk mengelola keuangan Desa dari mulai perencanaan, penganggaran, penatausahaan keuangan serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Desa.

Sedangkan yang ketiga yaitu Sistem Informasi Administrasi Desa yang digunakan untuk pelayanan administrasi kepada masyarakat di tingkat Desa yang berbasis data kependudukan (NIK).

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Informatika Dinkominfo, Sigit Dwi Pramono mengungkapkan bahwa selain di Kecamatan Kaligondang dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan kegiatan serupa untuk wilayah Kecamatan Pengadegan, Kejobong, Rembang, Karangmoncol, Karangreja dan Kecamatan Karangjambu. (*)

About Bude Ibar

Check Also

Desa di Kecamatan Pengadegan dan Kejobong Ikuti Pelatihan SID

Sejumlah 13 Desa se wilayah Kecamatan Kejobong dan 9 Desa se wilayah Kecamatan Pengadegan mengikuti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *