Home / Wisata / Gumuk Pasir Barchan Parangtritis

Gumuk Pasir Barchan Parangtritis

Gumuk dalam bahasa Jawa berarti Gundukan. Gumuk Pasir merupakan merupakan fenomema alam berupa gundukan dan padang pasir yang terbentuk dari proses meletusnya gunung berapi yang menghasilkan material berupa pasir. Material pasir terbawa melalui aliran sungai opak, sungai progo dan sungai lainnya menuju ke laut.Kemudian material pasir terendapkan di dalam laut dan terbawa oleh tenaga gelombang dan Ombak Menuju ke pantai.Kemudian material pasir terbawa angin hingga terendapkan menjadi gundukan dan Padang pasir.

gumuk-pasir

Gumuk pasir terletak di Jl. Gumuk pasir Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Jogjakarta.  Gumuk Pasir pernah dijadikan lokasi pembuatan vidio klip “Godai Aku” oleh artis terkenal Agnes Monika.

gumuk-pasir-2

Saat ini Gumuk pasir juga sering digunakan sebagai lokasi pemotretan untuk prewedding. Lokasi ini juga digunakan untuk olah raga sandboarding.

gumuk-pasir

Untuk bisa masuk dan menikmati pemandangan destinasi wisata ini, kita tidak dipungut biaya karena tempat wisata ini masih digratiskan untuk pengunjung. (*Ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Banyumulek Sentra Gerabah di Lombok

Perjalanan wisata kami di Pulau seribu masjid selama 4 hari 3 malam berakhir sudah. Banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *