Home / Teknologi Informasi / Hati-Hati Dengan Jejak Digital Jadi Tema Juguran Pegiat TI Purbalingga

Hati-Hati Dengan Jejak Digital Jadi Tema Juguran Pegiat TI Purbalingga

Hati-hati dengan jejak digital menjadi tema pada pertemuan pegiat Teknologi Informasi Purbalingga yang berlangsung hari Kamis (2/8/2018) lalu di aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga.

Pertemuan pegiat Teknologi Informasi Purbalingga yang diberi tajuk Juguran Pegiat IT ini dilakukan rutin dan untuk pertemuan kali ini dihadiri juga oleh admin Group facebook Info Cegatan Purbalingga (ICP), perwakilan dari group Purbalingga City New Java (PCNJ), pendamping desa dan pendamping lokal desa.

Hadir sebagai narasumber Dosen Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang juga sebagai salah satu anggota Asosiasi Digital Forensik Indonesia, Muklis Prasetyo Aji.

Disampaikan oleh Muklis, netizen perlu berhati-hati dalam mempublish tulisan, gambar maupun vidio di dunia maya karena jejaknya sangat sulit dihapus. “Bisa saja kita menghapus tulisan, gambar atau vidio yang sudah terlanjur di publish. Tetapi ketika itu sudah pernah dibagikan / share oleh orang lain, maka jejaknya yang dinamakan jejak digital ini akan sulit terhapus” kata Muchlis.

Selain itu juga disampaikan perlunya kehati hatian kita dalam menggunakan akun eMail karena melalui akun eMail ini bisa digunakan untuk melacak aktivitas kita di dunia maya, serta mobilitas sehari-hari kita. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Cara Membuat Materi Pada Google Classroom

Untuk memasukan materi dan tugas pada Kelas Google Classroom yang telah kita buat sebelumnya (baca …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *