Home / Wisata / Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Kalau di Dieng ada kawah sikidang yang merupakan kawah yang berasal dari letusan gunung yang merupakan tanah dan air bercampur dengan belerang, maka serupa dengan kawah sikidang di Jawa Barat ada Kawah Putih.

Kawah Putih merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang beralamat di Jalan Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang terletak di Rancabali Ciwidey Kabupaten Bandung yang memiliki ketinggian 2.434 meter.

Disebut Kawah putih karena dinding kawah, tanah berwarna putih sedangkan air diseputar kawah berwarna putih kehijauan. Warna putih berasal dari beberapa unsur yang bercampur dengan belerang.

Karena kandungan belerang yang cukup tinggi, berada dilokasi kawah disarankan tidak terlalu lama.

Bahkan ada sebuah papan berwarna kuning yang berukuran cukup besar berisi tulisan peringatan kepada pengunjung antara lain agar tidak terlalu dekat dengan lumpur kawah. Dalam kondisi normal kunjungan maksimal 15 meni sedangkan dalam kondisi darurat, mual, pusing, tenggorokan kering segera tinggalkan pusat areal kawah dan hubungi petugas / pusat informasi.

Lokasi kawah yang berada di dataran tinggi menyebabkan hawa sejuk dan dingin menyambut kedatangan para pengunjung. Meski bukan liburan panjang namun obyek wisata ini selalu ramai dipadati baik wisatawan domestik maupun manca negara. Seperti kali ini, rombongan kami berbarengan dengan rombongan wisata dari Padang dan Singapura. Salah satu pengunjung dari Singapura mengatakan dalam dialek melayunya, kami rombongan keluarga sengaja datang ke Bandung, di sini di kawah putih hawanya sejuk, meskipun lelah karena harus menuruni tangga menuju kawah dan kembali lagi dengan naik tangga tapi kami merasa senang.

Keseruan lain di area wisata kawah putih adalah suasana asri diseputar kawah yang dikelilingi dengan pohon Cantigi pohon gunung nan kokoh dan cantik dengan pucuk-pucuk daun berwarna merah. Area pepohonan ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi berfoto.

Tak kalah menarik yaitu Keseruan saat menaiki kendaraan yang mengantarkan para pengunjung dari area parkir menuju kawah putih. Menggunakan minibus yang sudah dimodifikasi, samping kanan kiri terbuka, melalui jalan yang berbelok-belok dan menanjak sembari menikmati suasana alam sekitar nan asri. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Banyumulek Sentra Gerabah di Lombok

Perjalanan wisata kami di Pulau seribu masjid selama 4 hari 3 malam berakhir sudah. Banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *