Home / Teknologi Informasi / Mahasiswa Purwokerto Atasi Problem Sampah dengan Aplikasi RongsokIn

Mahasiswa Purwokerto Atasi Problem Sampah dengan Aplikasi RongsokIn

Pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat yang diikuti dengan pola hidup yang semakin konsumtif tentu saja membuat produksi sampah yang dihasilkan oleh manusia akan semakin bertambah setiap harinya. Hal ini tentu menjadi persoalan tersendiri yang seringkali sulit dipecahkan dibeberapa wilayah. Belum lagi perilaku manusia yang kerapkali membuang sampah tidak pada tempatnya khususnya di sungai, ini juga akan menambah persoalan lingkungan maupun pemicu terjadinya bencana banjir.

Kondisi ini mendorong salah satu mahasiswa perguruan tinggi di Purwokerto yaitu Rinta Setyo Nugroho yang merupakan mahasiswa semester 7 STMIK Amikom Purwokerto untuk memunculkan ide kreatif dan inovatif dalam mengatasi permasalahan sampah di lingungannya.

Keterangan foto : Rinta Setyo Nugroho saat Menerima Piala sebagai Juara 2 Web Development Soedirman Technophoria.

“Dengan permasalahan sampah tersebut maka kami mencoba memanfaatkan peluang untuk membuat bisnis yang mempunyai efek berbagai sisi, khususnya ekonomi kerakyatan dan kebersihan lingkungan yaitu dengan menggunakan Aplikasi Rongsokin”, kata Rinta saat mengikuti Grand Final Web Development Soedirman Technophoria yang berlangsung di Gedung C Fakultas Teknik UnSoed, Sabtu 10 November 2018 lalu.

Pada gelaran kompetisi Web Development se Jawa yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Universitas Jenderal Soedirman, Rinta Setyo Nugroho yang terdaftar sebagai Tim Jagoan Mama merupakan salah satu peserta yang masuk dalam Grand Final.

Aplikasi Rongsokin setidaknya menawarkan 5 fitur sebagai unggulan, masing-masing fitur yaitu fitur untuk Jual Sampah, fitur Donasi Sampah, fitur untuk Mendapat Produk UMKM dengan Tukar Uang Tabungan, fitur untuk Mendapat Kebutuhan Sehari-hari dengan Tukar Poin dan fitur Artikel Edukasi Tentang Sampah dan pengolahan.

Selain untuk mengatasi permasalah lingkungan, melalui Aplikasi Rongsokin juga diharapkan dapat membuka lapangan kerja kerja baru, mendatangkan pemasukan tambahan bagi masyarakat dan juga pemulung. Dampak yang lebih luas yang ingin diraih oleh Rinta yaitu meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara luas. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Membuat Kelas Baru Dengan Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi produk google yang disediakan untuk membantu para pendidik dalam mengelola kelas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *