Home / Kaligondang / Ngopi Bareng Karangtaruna Adhigana Perwira Desa Penolih Bahas Peran Strategis Pemuda dan Sosialisasi Pilgub Jateng

Ngopi Bareng Karangtaruna Adhigana Perwira Desa Penolih Bahas Peran Strategis Pemuda dan Sosialisasi Pilgub Jateng

Penolih-Kaligondang. Karangtaruna Adhigana Perwira Desa Penolih Kecamatan Kaligondang Purbalingga Jawa Tengah minggu malam (1 /4) kemarin menggelar acara Ngopi Bareng di Pendopo Kantor Desa Penolih. Acara diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari anggota KPU Purbalingga, Komunitas Peduli Demokrasi, Karngtaruna Kabupaten Purbalingga, pengurus Karangtaruna Adhigana Perwira Desa Penolih, pengurus Karangtaruna Desa Sinduraja, pengurus Karangtaruna Desa Selanegara dan pengurus Karangtaruna Kecamatan Kaligondang serta Komunitas Peduli Demokrasi.

Pada acara Ngopi Bareng dibahas materi tentang peran strategis pemuda sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan disampaikan pula Sosialisasi tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) Tahun 2018.

Disampaikan oleh Sekretaris Umum Karangtaruna Kabupaten, Aris Yudirianto, lahirnya Undang-Undang Desa No.6 Tahun 2014 membawa dampak yang positif bagi lembaga Desa seperti Karang Taruna. UU Desa memberi peluang bagi karang taruna untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan di Desa seperti ikut dalam musyawarah dan perencaan Desa sekaligus bisa ikut perperan dalam segi pembangunan Desa. Karang Taruna juga bisa sebagi mitra kerja selain ada Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa ( KMPD ) yang fungsinya turut serta dalam merencanakan pengusulan kegiatan di Desa.

Pada kesempatan yang sama pengurus Karangtaruna Kabupaten Bidang SDM dan Tim Komunitas Peduli Demokrasi, Kadiono menjelaskan, Karangtaruna merupakan organisasi pemuda yang bergerak dalam bidang sosial. Sesuai Permensos 77 tahun 2010 tugas pokok Karangtaruna adalah bersama sama Pemerintah dan masyarakat lainnya menyelenggarakan pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial.

“Sedangkan makna sosial disini sangatlah luas, Karangtaruna bukan hanya mengurusi acara peringatan hari kemerdekaan 17an, even even hari besar, tapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat atas kesejahteraan sosial dan juga karangtaruna memiliki peran untuk dapat meningkatkan perekonomian melalui UMKM”, kata Kadiono.

Turut hadir pada acara Ngopi Bareng di Desa Penolih Divisi Parmas KPU Purbalingga, Sukhedi yang menyampaikan materi sosialisasi Pilgub Jateng 2018.

“Di tahun 2018 ini di Jawa Tengah akan ada acara besar yaitu penentu pemimpin Provinsi Jawa Tengah atau lebih familiar dengan PILGUB JATENG 2018. Kami menghimbau kepada semua khususnya pemuda untuk dapat ikut mensukseskan acara ini, karena acara ini akan menentukan siapa penerus pemimpin kita di wilayah Provinsi Jawa Tengah untuk lima tahun kedepan. Apalagi Karangtaruna adalah kumpulan dari pemuda pemudi yang hebat. Yang semestinya bisa menjadi panutan dan contoh bagi yang lain”, ungkap Sukhedi.

Keterangan foto : Divisi Parmas KPU Purbalingga, Sukhedi menyampaikan materi sosialisasi Pilgub Jateng 2018 pada acara Ngopi Bareng yang digelar oleh Karangtaruna Adhigana Perwira Desa Penolih Kecamatan Kaligondang.

Disampaikan oleh Ketua Karangtaruna Adhigana Perwira, Lukiyanto, acara Ngopi Bareng ini bisa terlaksana karena dukungan dan support dari Pemerintah Desa Penolih, khususnya Bapak Kepala Desa Penolih, Bapak Sosro Purnomo yang tidak pernah henti hentinya mencurahkan tenaga dan pemikirannya untuk mendukung kemajuan Desa salah satunya dibidang kepemudaan dan karangtaruna.

“Selain sebagai pembina beliau juga sebagai seorang contoh pemuda yang bisa dikatakan sukses dalam kegiatan kegiatan sosial” ujar Lukianto. (*ibar)

About Bude Ibar

Check Also

PENGISIAN KEANGGOTAAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA

Pembentukan Panitia Pengisian Keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD): Kepala Desa mengadakan musyawarah untuk membentuk Panitia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *