Home / Catatan Perjalanan / Nobar Lentera Maya, RTIK Purbalingga Diharap Mampu Jadi Penerang di Dunia Maya

Nobar Lentera Maya, RTIK Purbalingga Diharap Mampu Jadi Penerang di Dunia Maya

Acara Nonton Bareng film “Lentera Maya” yang diproduksi oleh ictwatch,  yang merupakan rangkaian kegiatan Juguran Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Purbalingga di Aula Kantor Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari- Purbalingga, Sabtu 4/2, diharapkan mampu memberikan pemahaman terhadap penonton tentang bahaya dan dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh cepatnya berita Hoax beredar di dunia maya.

rtik

Salah satu peserta nobar yang merupakan siswa SMK Binangung Cilacap, Chandra Putra Perdana mengatakan “saya dan teman teman membaca berita Hoax biasanya karena terpancing dengan judulnya yang membuat penasaran apalagi kalau ada gambarnya yang menarik”

Sementara itu, widuri selaku pemqndu acara dari Kemenkominfo RI menyampaikan “Film ini film terbatas dan baru diputar untuk nonton bareng 3 kali, nobar pertama di Lombok Mataram dimana disana banyak terjadi kasus pelanggaran UU ITE, Nobar kedua di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo bersama Menkominfo Bapak Rudiantara dan Menteri Pendidikan, serta dihadiri langsung oleh Mentari Timoer tokoh yang ada di Lentera Maya. Sedangkan nobar di Purbalingga ini merupakan nobar yang ketiga kalinya.

Dari sisi teknologi dunia maya maupun media sosil merupakan sesuatu yang netral, namun dari sisi konten ada hal hal yang bisa memberikan dampak negatif dari mulai menyebar kebencian, intoleran hingga memecah belah bangsa.

Untuk itu RTIK Purbalingga diharapkan mampu memberikan edukasi dan literasi tentang pentingnya menyaring berita dari sosmed sebelum menyebarkan melalui grup WA maupun sosmed, saring dulu sebelum sharing. RTIK Purbalingga juga harus mampu memproduksi konten konten positif dan diupload melalui website yang dikelola maupun melalui medsos.  (*Budhe)

Berita terkait :

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Cara Mendaftarkan Siswa Pada Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi produk google yang disediakan untuk membantu para pendidik dalam mengelola kelas …

2 comments

  1. Ada mimpi besar dibalik langkah “kecil” dalam memerangi Hoax, apapun bentuk dan medianya. Semoga RTIK Purbalingga tak pernah berhenti bermimpi dan mampu mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *