Home / Berita / Peduli Sampah Nasional, Purbalingga Bergerak Untuk Indonesia

Peduli Sampah Nasional, Purbalingga Bergerak Untuk Indonesia

Hari Peduli Sampah Nasional Purbalingga Bergerak untuk Indonesia Tahun 2017 di pusatkan di Desa Karanglewas Kecamatan Kutasari, Minggu 26 Februari.

Acara diikuti oleh 500 peserta terdiri dari  anggota komunitas peduli lingkungan Purbalingga, pemuda pemudi peduli sampah Purbalingga, pimpinan bank sampah se Kabupaten Purbalingga, kader Bela Negara Kecamatan Kutasari.

Selain itu juga dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga, Forkompimcam Kutasari, anggota Koramil 04 Kutasari, Polsek Kutasari dan kepala desa se wilayah Kecamatan Kutasari, serta aktifis lingkungan hidup dari luar Purbalingga seperti dari Kabupaten Pemalang, Kebumen, Banjarnegara dan Kabupaten Banyumas.  Hadir pula pelaku pembuat sampah plastik menjadi paving blok Bapak Karsin dari Desa Jetis.

Pada kesempatan sambutannya, Kabid PSLB3 dan PKLH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga, Sukirto, S.Pd,M.Si.  menyampaikam “Gerakan Peduli sampah yang dilakukan oleh komunitas dan instansi terkait dengan menjadi tim saber sampah, merupakan wujud dari kerja nyata, kerja keras dan kerja ikhlas untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik, bersih dan sehat.

dlh-kampanye-bersih

Keterangan foto : Foto Bersama Komunitas Peduli Lingkungan Hidup Purbalingga

Kegiatan ini juga sekaligus upaya memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang dicanangkan oleh Presiden dan jatuh pada tanggl 21 Februari”.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai dari membersihkan lingkungan agar bebas dari sampah,  memilah sampah untuk diolah menjadi barang yang bermanfaat, mengolah sampah menjadi pupuk organik serta pelaksanaa Apel Hari Peduli Sampah Nasional 2017.

dlh-bersih-bersih

Keterangan Foto : Kegiatan bersih-bersih sungai

Juga dilaksanakan kegiatan bersih sungai dan saluran air, tanam pohon peneduh jalan, tanam pohon pada tanah rawan longsor seperti dipinggiran sungai, serta pembagian alat – alat kebersihan oleh Pemdes Karanglewas kepada masyarakat setempat.

Pada kesempatan yang sama,  dilaksanakan pula kegiatan serupa di Desa Purbayasa  Kecamatan Padamara. (*ibar)

 

Berita Terkait :

  • DLH Fasilitasi Penyusunan Perdes Pelestarian Lingkungan Hidup

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Syafii Efendi:Mari Miskinkan Caleg yang Bermain Politik Uang

PURWOKERTO–Motivator muda Indonesia yang tengah naik daun Syafii Efendi (26) mengajak anak-anak muda di Indonesia …

2 comments

  1. Semoga bisa ditiru oleh daerah lain. Semangat terus utk menjadikan lingkungan bersih, rapi dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *