Home / Teknologi Informasi / Pengelolaan Konten Website

Pengelolaan Konten Website

Tiba-tiba ditelpon mas Wartawan Suara Merdeka, Rian Rachman yang juga merupakan ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cadas Desa Bumisari Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga.  Katanya besok saya diminta untuk mengisi kegiatan di Bale Apoeng dengan materi “Pengelolaan Konten Website dan Media Sosial”.

Baiklah, mungkin ini kesempatan saya untuk mengisi liburan dengan hal positif dan mudah-mudah memberi manfaat.

Untuk materi tentang Media Sosial, kebetulan saya sudah pernah menulis tentang hal ini :

  1. http://www.bralink.id/sosial-media-dari-komunikasi-selfie-hingga-bui/
  2. http://www.bralink.id/%e2%80%8bberita-hoax-itu-isinya-seolah-olah-peduli-nyatanya-dengki/

Sedangkan untuk pengelolaan Konten Website, kurang lebih seperti ini :

Konten Website adalah segala sesuatu  yang dapat dilihat oleh pengunjung website / informasi yang tersedia melalui media website, baik berupa tulisan/ text, gambar, audio, vidio, animasi maupun navigasi.

Untuk mengelola halaman webstie saat ini sangat mudah, tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman terlebih dahulu, karena dengan berbagai jenis Content Management System (CMS) seperti WordPrees, Joomla, Mambo dan lainnya, pengguna website tinggal memilih dan menggunakan template yang sudah disediakan untuk membuat menu, halaman maupun postingan sebuah berita maupun artikel.

Jenis Postingan pada Website.  

Post. Bila kita membuka sebuah alamat website, kita akan menjumpai postingan berupa berita maupun artikel yang di terbitkan setiap hari yang seringkali  jumlahnya lebih dari satu. Jadi, untuk mempublikasikan sebuah berita, update informasi terbaru yang bersifat statis, kita bisa menggunakan fitur Post yang tersedia pada Dashboard.

Page / Laman. Digunakan untuk mempublikasi informasi yang bersifat statis, seperti informasi mengenai Profil maupun Kontak. Pada website milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan  website Badan Publik, umumnya Page digunakan untuk mempublikasikan informasi berkala sesuai ketentuan pasal 9 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, seperti :

  • Informasi yang berkaitan dengan Badan Publik, adalah Informasi yang menyangkut keberadaan, kepengurusan, maksud dan tujuan, ruang lingkup kegiatan, dan Informasi
    lainnya yang merupakan Informasi Publik.
  • nformasi mengenai kegiatan dan kinerja Badan Publik terkait,  kondisi Badan Publik yang bersangkutan yang meliputi hasil dan prestasi yang dicapai serta kemampuan kerjanya.
  • Informasi mengenai laporan keuangan.

Kategori. 

  • Digunakan untuk memudahkan  mengatur postingan.
  • Kita  dapat membuat hirarki postingan dengan membuat Kategori Utama dan Sub kategori.
  • Satu posting bisa memiliki lebih dari satu kategori.  (*ibar)

 

 

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

SPSE 4.3

Sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang / Jasa yang diundangkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *