Home / Berita / Peran Tomas, Toga dalam Kamtibmas

Peran Tomas, Toga dalam Kamtibmas

Brecek-Kaligondang. Pada hakekatnya mewujudkan keamanan haruslah dimulai dari lingkungan yang terkecil yaitu keluarga, lingkungan RT, lingkungan RW kemudian pemerintahan Desa.

Untuk itu, Polres Purbalingga,  melalui Sat Bin mas Unit Bin Kamsa memiliki program pemberdayaan potensi keamanan melalui kegiatan pembinaan penyuluhan keamanan swakarsa yang diselenggarakan secara rutin.

wp-image-611733920jpg.jpegSiang tadi, Kamis 26 Januari 2017 bertempat di balai desa Brecek Kecamatan Kaligondang, Polres Purbalingga menyelenggarakan kegiatan serupa yang diikuti oleh perangkat desa, tokoh agama,tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Ketua RT Ketua RW dan kaposkamling se Desa Brecek.

Dalam materi penyuluhannya, Sat Binmas Polres Purbalingga, Siswanto menyampaikan

“Peran Tokoh Masyarakat dan tokoh agama dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, antara lain  :

  1. Mendorong masyarakat untuk aktif dalam pam swakarsa dan mempelopori pembinaan keamanan ketertiban masyarakat
  2. Menumbuhkembangkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum
  3. Menyuarakan himbauan, ajakan  dan mempelopori masyarakat untuk memelihara kamtibmas
  4. Mengkampanyekan kekompakan masyarakat untuk membangun bangsa
  5. Menyelamatkan masyarakat dari ancaman,gangguan kamtibmas dan tidak terhasut provokasi dan disusupi orang yang tidak bertanggungjawab
  6. Menjadi teladan dalam sikap dan perilaku yang santun,dapat mengendalikan emosi,tidak anarkis, tidak ikut menjadi kelompok ekstrim yang ekslusif dengan kegiatan yang dapat merongrong kewibawaan pemerintah”.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Memasuki Tahun Politik Waspadai Berita Hoax

Memasuki tahun politik dan semakin dekatnya pemilihan umum untuk memilih presiden dan wakil presiden serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *