Home / Teknologi Informasi / Perilaku Kita Berpengaruh Terhadap Keamanan Informasi

Perilaku Kita Berpengaruh Terhadap Keamanan Informasi

Perilaku kita terhadap penggunaan teknologi informasi atau sebagai user berpengaruh terhadap aspek keamanan informasi pada pengelolaan website maupun aplikasi berbasis web. Hal ini dijelaskan oleh General Manager Inixindo Yogyakarta, Mustofa saat memberikan materi pada acara sosialisasi keamanan informasi yang diselenggarakan pada hari Senin (20/8/18) di aula Dinkominfo Purbalingga Jawa Tengah.

Aspek keamanan informasi yang dimaksud adalah aspek privasi maupun aspek integritas. Dimana aspek privasi, menjaga kerahasiaan data dan mencegah akses data dari fihak-fihak yang tidak berkepentingan. Sedangkan aspek integritas memastikan bahwa data atau informasi yang kita miliki tidak mengalami perubahan / manipulasi oleh fihak yang tidak berhak atau oleh faktor lain seperti misalnya faktor buruknya transmisi data.

Masalah keamanan informasi tidak hanya masalah bagaimana mengamankan dari sisi teknologi dan perangkatnya saja yang bisa dilakukan dengan memasang firewall dan Secure Socket Layer (SSL) maupun mengamankan dari sisi aplikasi (coding). Tetapi juga berkaitan erat dengan pengamananu dari sisi perilaku user.

“Seringkali pengelola website hanya fokus pada pengamanan menggunakan firewall saja karena berpandangan bahwa sistem sudah aman apabila memiliki firewall. Atau pendapat lain bahwa sebuah situs web sudah aman apabila menggunakan SSL. SSL hanya mengamankan data pada saat dikirim. SSL tidak memberi solusi terhadap kerentanan web server dan browser (tiba-tiba muncul iklan pop up) yang bisa menginveksi browser”, kata Mustofa.

Lebih lanjut Mustofa menjelaskan, perilaku pengguna yang berpengaruh terhadap kerentanan keamanan informasi diantanyanya, pengguna jarang / tidak pernah mengupdate operating system, pengguna jarang mengupdate antivirus atau pengguna kerap mengunjungi situs-situs underground maupun situs dewasa.

Mustofa juga mengajak kepada peserta sosialisasi yang terdiri dari admin OPD untuk berhati-hati dalam memasang plug in, upayakan plug in yang dipasang merupakan plug in resmi yang bersumber dari web resmi. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

SPSE 4.3

Sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang / Jasa yang diundangkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *