Home / Pemerintahan / PPK Kaligondang Persiapkan Uji Publik DPS dan Sosialisasi Pilgub Serentak

PPK Kaligondang Persiapkan Uji Publik DPS dan Sosialisasi Pilgub Serentak

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kaligondang siang tadi (23/3) mengadakan Rapat Koordinasi (rakor) dengan seluruh ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) se wilayah Kecamatan Kaligondang untuk membahas persiapan pelaksanaan uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) Tahun 2018.

Hal ini mendasari jadwal dan tahapan Pilgub Jateng 2018 yang telah ditetapkan oleh KPU. KPU melalui PPS akan mengumumkan DPS pada tanggal 24 Maret hingga tanggal 2 April 2018.

Sedangkan uji publik atau gerakan pengecekan DPS akan dilaksanakan secara serentak pada hari Selasa (27/3) mendatang diseluruh PPS.

Gerakan ini merupakan langkah progresif yg ditempuh KPU Jawa Tengah dalam rangka mengefektifkan tahapan masa pengumuman dan tanggapan atas DPS yang bertujuan untuk mendorong masyarakat lebih aktif dan proaktif dalam berpartisipasi memastikan dirinya dan keluarganya telah terdaftar sebagai pemilih dan sekaligus menginformasikannya apabila ada perkembangan terkait pemilih yang sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih karena alasan tertentu.

Saat pelaksanaan pengumuman DPS, masyarakat, Panitia Pengawas Pilgub, tim kampanye, dan pihak lain dipersilahkan untuk memberi masukan dan tanggapan terkait dengan DPS.

Apabila ada pemilih yang belum tercantum dalam DPS, PPS akan memasukkan dalam Daftar Pemilih, sebaliknya jika ada pemilih yang sudah tidak lagi memenuhi syarat (TMS) karena telah meninggal dunia, ganda, pindah domisili, berubah status atau lainnya, PPS akan mencoret dari Daftar Pemilih. atau jika terdapat kesalahan dalam menulisk identitas, PPS akan memperbaikinya.

Pelaksanaan pengumuman dilakukan dengan menempel DPS di kantor balai desa dan tempat – tempat strategis lainnya yg lebih mendekatkan pada pemilih di tiap-tiap TPS

Dijelaskan oleh Ketua PPK Kaligondang, Ismaerlin “uji publik terhadap DPS ini dilakukan dengan cara mengundang pemilih atau kepala keluarga, tokoh masyarakat arau RT/RW untuk menilai dan memeriksa lagi nama-nama pemilih yang ada dalam DPS. Selain itu juga akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi Pilgub Jateng 2018 di seluruh PPS di wilayah Kecamatan Kaligondang yang pelaksanaannya dibarengkan dengan gerakan uji publik serentak tanggal 27 Maret”.

Untuk menarik pengunjung, saat pelaksanaan sosialisasi di 18 Desa di wilayah Kecamatan Kaligondang akan diselingi dengan hiburan dan doorprize dari PPS. (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Tidak Ada Cuti Bagi PPK dan PPS

Nampaknya tidak ada cuti bersama layaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi Badan Penyelenggara Pemilu untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *