Home / Wisata / Segarnya Pemandian Situ “Tirta Marta” Kutasari

Segarnya Pemandian Situ “Tirta Marta” Kutasari

Wisata Pemandian Situ “Tirta Marta” berada di Dusun Tlaga Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga, tidak jauh dari jalan Desa Karangcegak.

Memasuki area wisata ini kita akan melewati pos penjagaan yang menyodorkan tiket masuk dan tiket parkir kendaraan. Untuk tiket parkir sepeda motor dengan tarif 2ribu rupiah dan tiket masuk per orang hanya 3ribu rupiah.

wp-image-286460672jpg.jpeg

Di area parkir terpampang papan yang bertuliskan akun sosial media dan nomor HP pengelola Situ ” Tirta Marta”. Selanjutnya menuju lokasi pemandian, kita akan menuruni belasan anak tangga. Posisi pemandian utama berada disebelah kiri pintu masuk.

situ-tirta-marta

Air di kolam pemandian ini sangat jernih hingga bebatuan didasar kolam terlihat jelas dari atas. Airnya dingin, sejuk dan menyegarkan hingga badan terasa segar setelah mandi dan bermain air di tempat ini. Ditempat ini tersedia persewaan ban yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bermain air di area Situ “Tirta Marta”

wp-image-852662611jpg.jpeg

Sekalipun tempat wisata ini masih sederhana namun beberapa fasilitas pendukung seperti mushola, kamar mandi dan bangku bambu untuk tempat bersantai terlihat melengkapi tempat ini. Selain itu, dibawah kolam pemandian utama juga tampak berjejer kios kios yang menyediakan aneka minuman hangat dan jajanan khas Purbalingga “mendoan”, sangat cocok dinikmati setelah berendam dan bermain air didalam pemandian.

Beberapa pengunjung dari luar kota mengaku mendapatkan informasi tentang tempat wisata ini dari sosial media. Seperti halnya seorang kakek yang sedang duduk santai sambil menikmati teh hangat, mengatakan “saya kesini rombongan keluarga, mumpung liburan momong cucu. Cucu saya minta ke situ tirta marta karena melihat dari internet, katanya foto fotonya bagus”, ungkap kakek yang mengaku berasal dari Purwokerto. (*Ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Belajar Budaya Leluhur di Museum Wayang Purbalingga

Museum Wayang Purbalingga merupakan salah satu wahana yang berada di komplek wisata Sanggaluri Park yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *