Home / Catatan Perjalanan / Selanegara-Kaligondang Terima Kunja Komisi 1 DPRD

Selanegara-Kaligondang Terima Kunja Komisi 1 DPRD

Selanegara-Kaligondang.  Pemerintah Desa Selanegara Kecamatan Kaligondang, pagi tadi, Senin 9 Januari 2017 menerima rombongan kunjungan kerja dari Komisi 1 Bidang Pemerintahan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga. 

Rombongan Kunja terdiri dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga H. Adi Yuwono, SH, dari Gerindra. Ketua komisi 1 Hari Ani Indah Purwati, SE, dari PKB.  Wakil Ketua Komisi 1 Dr. Mulyadi, dari PDI P. Serta 3 orang anggota Komisi 1 masing masing dari P3 Siti Kafiatun Manuroh, dari PKS Sumarsih, S.Ip,  serta dari Hanura Edy Jasmanto.

Kegiatan Kunja Komisi 1 yang diterima di Aula kantor Desa Selanegara ini, merupakan rangkaian roadshow kunjungan kerja pasca pilkades serentak.

Dalam pemaparannya Ketua komisi 1 DPRD Hari Ani Indah Purwati mengungkapkam ” Komisi 1 membidangi pemerintahan, perundang undangan dan perizinan. Pada Tahun 2016 Komisi 1 telah menghasilkan Perda inisiatif tentang Percepatan Penanggulanagn Kemiskinan, dengan penganggaran RTLH sebesar 17miliar. Sedangkan pada tahun 2017 menganggarkan kegiatan Bantuan Hukum terhadap warga masyarakat miskin”.

Turut hadir pada acara Kunja, sebagai tuan rumah Kepala Desa Selanegara, Slamet yang terpilih pada pilkades serentak bulan November 2016, Sekretaris Kecamatan Kaligondang yang baru saja rotasi Jabatan Tanggal 3 Januari kemarin, Suprianto Purnomo, SH.


Selain itu acara Kunja juga dihadiri oleh seluruh perangkat Desa Selanegara, BPD, LPMD, PKK, Ketua RW dan Ketua RT Desa Selakambang.


Beberapa hal yang menjadi catatan serta perhatian khusus pada saat Kunja antara lain :

  • Kepala Desa beserta seluruh perangkat Desa wajib mempedomani UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, agar jalannya roda pemerintahan Desa sesuai dengan aturan yang berlaku
  • Penghasilan tetap (siltap) bagi perangkat Desa, sesuai  ketentuan UU merupakan penghasilan per bulan, namun pada kenyataanya pada setiap Tahun Anggaran Baru, penghasilan tetap baru bisa dicairkan sekitar bulan Mei.  Untuk itu diharapkan pertanggungjawaban admjnkstrasi kegiatan haria tepat waktu, sehingga pencairan anggaran tahun berikut bisa dipercepat.
  • Tanah bengkok yang ada merupakan lahan Kering /tegalan, selama ini ditanmi singkong, hasilnya tidak memuaskan, sebab pada saag Panen harga singkong per kilo hanya 500rupiah. Untuk itu perlu dicoba menanan jenis tanaman lain sesuai musim tanam dengan berkordinasi dengan OPD terkait.  Atau bisa juga menjual singkong setelah diolah menjadi menjadi makanan olahan seperti slondok.  Ada pula bengkok yang disewakan dengan tarif sangat mirah per ubin per tahun hanya 700ribu rupiah
  • Kelompok Tanj Sri Rejeki dan Sri Handayani pernah mangajukan proposal bantuan Bibit lada dan Bibit kelapa, Tetapi belum ada hasil, hal ini terkendala karenasesuai dengan Permemdagri Tahun 32 bantuan hibah danbansos kepada Kelompok masyarakat hqris diberikan kepada Kelompok masyarakat yang sUdah berbadan hukum
  • Tahun 2017 Komisi 1 akan menyususn Raperda inisiatif tentang Produk Unggulan Dssa, dimana masing masing Desa harus memilikinpotensi yang menjadi icon Desa yang akan di Tampilkan di Dekranasda. Untuk produk unggulan / icon Desa Selanegara, sesuai yang diusulkah oleh Wakil Ketua Komisi 1, Mulyadi, yaitu berupa tahu.
  • Terkait Kekosongan salah satu perangkat Desa : Kaur Keuangan yang dijabat oleh plh kaur Kesra, harus segera diisi mengingat peran kaur keuangan sangat penting sebagai jantungnya pemerintahan Desa.
  • PKK Desa Selanegara tahun 2017 menjadi PKK Binaan untuk itu akan ada tambahan anggaran operasional, dimana pada tahun 2016 anggaran operasional PKK per tahun hanha 7juta rupiah.(*Budhe)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Ini 5 Prinsip Dasar Jurnalistik Online

Dilihat dari jenis media yang digunakan, jurnalis dibagi menjadi 3 yaitu jurnalis media cetak (koran, …

2 comments

  1. Mendokumentasikan kegiatan dalam bentuk website, selain sebagai catatan pribadi juga akan berguna bagi pembacanya.
    Tetap semangat Budhe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *