Home / Berita / Tanggulangi meluapnya sungai lebak, warga Desa Kaligondang Bangun Tanggul.

Tanggulangi meluapnya sungai lebak, warga Desa Kaligondang Bangun Tanggul.

Kaligondang-Kaligondang. Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Kaligondang pada hari Sabtu, 21 Januari lalu yang mengakibatkan sejumlah rumah warga Rt. 02 Rw. 05 Desa Kaligondang tergenang, menggerakan Pemerintahan Desa beserta warga Desa Kaligondang untuk melaksanakan gerakan membuat talud penahan luapan sungai lebak secara swadaya.

kerja-bakti-buaat-tanggul-sungai-lebak  kerja-bakti-buaat-tanggul-sungai-lebak1

Warga Desa Kaligondang pasang tanggul disepanjang sungai lebak, secara swadaya

Seperti disampaikan oleh Kaur Keuangan Desa Kaligondang, Ngudiono pada hari ini “Kami melaksanakan kegiatan pembuatan tanggul melalui swadaya murni dari masyarakat Desa Kaligondang, khususnya warga Rt 2 Rw 5, warga Rt. 3 Rw 5, warga Rt. 1 Rw. 6 dan warga Rt. 2 Rw. 6.

Pelaksanaan pembuatan tanggul direncanakan selama 3 hari mulai kemarin (Selasa, 24/1) sampai dengan Kamis, 26/1.”

Pemasangan tanggul dilaksanakan dengan memasang dan menata karung berisi tanah disepanjang pinggiran sungai lebak. Sampai hari Selasa kemarin telah terpasang sejumlah 174 karung.

kondisi-banjir-kali-lebak

Camat kaligondang monitoring Luapan Air Sungai Lebak (Sabtu,21/1)

Sementara itu, pada kesempatan yang berbeda Camat Kaligondang, Dra. Pandansari, mengapresiasi upaya yang dilaksanakan oleh warga Desa Kaligondang dan berharap Pemasangan tanggul ini, bisa meminimalisir dampak meluapnya aliran air sungai lebak apabila hujan turun.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan OPD dan pihak terkait perihal meluapnya sungai lebak yang terjadi pada hari Sabtu lalu. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Memasuki Tahun Politik Waspadai Berita Hoax

Memasuki tahun politik dan semakin dekatnya pemilihan umum untuk memilih presiden dan wakil presiden serta …

2 comments

  1. Semoga jd solusi. Salut dg semangat utk gotong-royong membuat tanggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *