Home / Pelayanan Publik / Tingkatkan Pelayanan Publik, Dinkominfo Purbalingga Kembangkan 4 Aplikasi

Tingkatkan Pelayanan Publik, Dinkominfo Purbalingga Kembangkan 4 Aplikasi

Materi siaran pada acara Kemilau Pagi LPPL RGS Purbalingga. (Selasa, 2/10/18)

Selamat pagi kawan setia Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gema Soedirman (RGS) Purbalingga, selamat bertemu kembali dengan kami dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga.

Pertama dikesempatan yang berbahagia ini, kami ucapkan Selamat Hari Batik Nasional, kebetulan hari ini Selasa tanggal 2 Oktober 2018 bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang merupakan perayaan untuk memperingati ditetapkannya Batik sebagai warisan Budaya dunia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Pada hari ini, sesuai surat himbauan Bupati Purbalingga nomor 500/10204/2018 seluruh ASN, Perangkat Desa dan pegawai BUMD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga diwajibkan memakai batik Nasional.

Kawan setia LPPL RGS,
Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi Bupati Purbalingga, utamanya Misi pertama yakni
MENYELENGGARAKAN PEMERINTAHAN YANG PROFESIONAL, EFISIEN, EFEKTIF, BERSIH DAN DEMOKRATIS, SEHINGGA MAMPU MEMBERIKAN PELAYANAN SECARA PRIMA KEPADA MASYARAKAT.

Dinkominfo Kabupaten Purbalingga telah mengembangkan 4 aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

MATUR BUPATI
Yang pertama aplikasi Matur Bupati Purbalingga yang kemarin siang hari Senin tanggal 1 Oktober 2018 bertempat di Gedung Ardhi Lawet Setda Kabupaten Purbalingga baru saja di launching oleh Plt. Bupati Purbalingga, Diah Hayuning Pratiwi, SE,B.Econ,MM bersama dengan aplikasi Satu Data Purbalingga.
Matur merupakan akronim dari Media Aspirasi dan Tanya Jawab Untuk Rakyat.

Matur Bupati merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyampaikan aspirasi, melaporkan, mengadukan maupun menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan kinerja Pemerintah Kabupaten Purbalingga secara online melalui alamat website maturbup.purbalinggakab.go.id

Matur Bupati juga dapat digunakan untuk mengadukan kondisi infrastruktur maupun non infrastruktur yang perlu ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Melalui Matur Bupati diharapkan bisa mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya kepada Bupati Purbalingga tanpa harus bertemu secara langsung. Selain itu, masyarakat juga dapat melacak tindak lanjut / progres dari persoalan yang disampaikan kepada Bupati secara cepat dan mudah.

Masyarakat cukup menuliskan nama lengkap, nomor terlpon atau alamat eMail dan menuliskan laporan atau menyampaikan komentar, pendapat, saran, kritik, aduan tentang penyelenggaraan Pemerintah, penggunaan anggaran, layanan masyarakat, pembangunan, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, ekonomi, lingkungan, sosial masyarakat, bencana dan lainnya yang tersedia pada formulir pelaporan portal Matur Bupati.
Selanjutnya administrator akan memverifikasi laporan yang masuk untuk memastikan laporan yang diterima jelas, lengkap dan untuk pelaporan infrastruktur disertai data dukung berupa foto dan lokasi. Verifikasi juga dimaksudkan agar laporan yang masuk bisa didistribusikan secara tepat sesuai tugas pokok dan fungsi OPD yang membidangi.

SATU DATA PURBALINGGA

Aplikasi yang kedua yaitu Satu Data Purbalingga. Satu Data Purbalingga merupakan portal resmi data terbuka yang berisi data Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Tujuan Aplikasi Purbalingga Satu Data adalah untuk:

  1. penyediaan data pembangunan yang akurat dan terintegrasi;
  2. penyediaan data untuk perencanaan pembangunan secara terukur dan komprehensif; dan
  3. penyediaan data untuk  analisis kebijakan pembangunan yang tepat, aktual, bermutu dan akuntabel, dan
  4. mempermudah masyarakat dalam mengakses data sektoral yang dimiliki oleh masing-masing OPD.

Sebagai pedoman dan payung hukum penggunaan aplikasi Matur Bupati Purbalingga dan Purbalingga Satu Data, Dinkominfo Purbalingga telah menyusun draf :

  1. Peraturan Bupati Purbalingga tentang Pedoman Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Matur Bupati Purbalingga.
  2. Peraturan Bupati Purbalingga tentang Pedoman Pengelolaan Portal Data Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Aplikasi Satu Data Purbalingga.

E-AKUN
Aplikasi yang ketiga eAKUN. merupakan master informasi identitas pegawai yang terdiri dari NIP, alamat eMail, profil pegawai dan sandi tunggal yang digunakan untuk login ke berbagai aplikasi atau Sistem Informasi yang terintegrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

E-PRESENSI

ePresensi. Merupakan Aplikasi Sistem Informasi Kehadiran Pegawai Online. Aplikasi ini merupakan sistem pengumpul data kehadiran pegawai dari mesin absensi fingerprint yang memuat informasi kehadiran secara detail, akurat, tepat dan akuntabel.
Melalui ePresensi unsur pimpinan dapat memantau kehadiran seluruh ASN secara real time. ePresensi juga menjadi alat bantu dalam pengambilan keputusan pembinaan dan pengembangan pegawai.

Ke empat Aplikasi tersebut merupakan Aplikasi yang dikembangkan oleh tim programmer Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga sehingga memungkinkan pengembangan fitur sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan Open Data adalah aplikasi inisiatif Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan pemanfaatan data Pemerintah. yang direplikasi oleh Dinas Kominfo Kabupaten Purbalingga.

Serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinkominfo Kabupaten Purbalingga sebagai upaya untuk mengimplementasikan 4 aplikasi yang sudah dikembangkan, diantaranya :

  1. Launching Aplikasi Matur Bupati dan Purbalingga Satu Data yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 1 Oktober 2018 bertempat di ruang Ardhi Lawet Setda Kabupaten Purbalingga, dan sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan :
  2. Paparan 4 aplikasi di ruang Plt. Bupati Purbalingga pada hari Senin tanggal 3 September 2018
  3. Rapat koordinasi dan sosialisasi 4 aplikasi bertempat di ruang Ardhi Lawet

Keberhasilan implementasi aplikasi yang sudah dikembangkan oleh Dinkominfo Kabupaten Purbalingga ini tentunya tak lepas dari dukungan dan kerjasama dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, dalam :

  1. Berkontribusi dalam merespon serta menindaklanjuti pelaporan dari masyarakat yang didisposisi oleh Bupati sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing OPD melalui aplikasi https://maturbup.purbalinggakab.go.id/
  2. Mengelola data sektoral masing-masing secara baik.
  3. Secara rutin melakukan update data sektoral pada portal https://data.purbalinggakab.go.id/ sesuai dengan kewenanganya.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Cara Membuat Tugas Pada Google Classroom

Setelah kita membuat materi yang dibagikan ke kelas google classroom, selanjutnya kita akan mempelajari cara …

One comment

  1. Aplikasi sistem informasi desanya kapan Bu? Kalau bisa aplikasinya terintegrasi dengan 4 di atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *