Home / lifestyle / Tips Menghemat Kuota Internet

Tips Menghemat Kuota Internet

Kadangkala kita merasa kuota internet yang kita gunakan pada perangkat HP / android sangat boros, baru diisi beberapa saat kemudian kuota limit bahkan habis. Hal ini kerap terjadi karena perilaku penggunaan kuota yang tidak kita sadari. Berikut ini tips untuk menghemat kuota internet yang patut kita coba :

  • Matikan unduh otomatis media saat menggunakan data seluler, yang ada pada whatsapp. Gunakan unduh otomatis semua media saat menggunakan Wi-Fi saja. Caranya : klik tanda titik tiga yang ada pada pojok kanan atas whatsapp, pilih setelan, lalu pilih penggunaan data dan penyimpanan, klik unduh otomatis media saat menggunakan data lalu hilangkan tanda centang yang ada pada button foto, audio, video dan dokumen.

Seringkali kita mendapatkan kiriman gambar maupun video yang sama dari beberapa kontak dan grup WA yang kita ikuti. Apabila unduh otomatis media tidak kita matikan, maka gambar dan video tersebut secara langsung terdownload di HP, hal ini tentunya akan menguras kuota internet kita.

  • Berbagai Aplikasi yang kita pasang melalui play store akan meminta update aplikasi hal ini tentunya akan mengurangi kuota internet yang kita miliki tanpa kita sadari penggunaannya. Untuk itu pastikan kita tidak mengupdate aplikasi secara otomatis. Caranya : pada play store pilih tanda strip tiga yang ada pada pojok kiri atas, pilih setelan lalu pilih update aplikasi secara otomatis lalu beri tanda pada button melalui Wi-Fi saja atau jangan update aplikasi secara otomatis.

  • Selain itu, penggunaan GPS yang aktif dan sinkronisasi sosial media seperti facebook, instagram, path, twitter maupun eMail secara otomatis juga berdampak pada penggunaan kuota yang tidak kita sadari. Untuk itu pilih dan pilah akun yang benar-benar kita perlukan untuk disinkronkan secara otomatis.

Selamat mencoba….

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Camat Kertanegara dan Karangmoncol Dukung Penuh Pembuatan Website Desa

Camat Kertanegara, Pratono Aprijadi dan Camat Karangmoncol, Titis Panjer Rahino mendukung penuh seluruh Desa yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *